- Lembar Pengumpulan Data Hasil Observasi Sekolah
Lembar Pengumpulan Data
Nama Mahasiswa
: Antonius Muardi
Nama Sekolah Yang Diamati
: Sekolah Dasar Inpres Konggang
- Analisis/Evaluasi Lingkungan Kaya Literasi
- hal yang sudah berjalan dengan baik
- Kegiatan literasi 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
- Peserta didik melaksanakan kegiatan literasi di pojok baca kelas dan mading kelas
- Peserta didik menampilkan karya di pojok baca kelas dan mading kelas
- 2 hal yang dapat ditingkatkan
- Peserta didik melaksanakan kegiatan literasi di pojok baca kelas dan mading kelas.
- Hal ini perlu ditingkatkan lagi dikarenakan dalam kegiatan literasi di pojok baca dan mading kelas, peserta didik melaksanakan hal tersebut berdasarkan instruksi dari guru. Menurut saya terkait dengan hal ini guru perlu meningkatkan motivasi dalam diri peserta didik agar peserta didik bisa melaksanakan kegiatan literasi dengan mandiri.
- Peserta didik menampilkan karya di pojok baca kelas dan mading kelas.
- Terkadang hasil karya yang ditampilkan di pojok baca dan mading hanya karya-karya dari peserta didik yang sudah memenuhi kriteria dan masih banyak lagi karya peserta didik yang belum ditampilkan, maka dari itu guru perlu meningkatkan lagi latihan literasi menulis kepada peserta didik, agar mereka bisa menghasilkan sebuah karya dan karya tersebut dapat ditampilkan di pojok baca kelas atau mading kelas.
- hal yang perlu didskusikan (berupa kendala atau tantangan)
- Kegiatan literasi 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Hal ini didiskusikan dikarenakan peleksanaan kegiatan literasi sebelum kegiatan pembelajaran ini menurut saya kurang efektif dikarenakan memotong waktu kegiatan pembelajaran. Seharusnya kegiatan literasi ini dilaksanakan pada saat jam istirahat di sekolah, sehingga waktunya sangat efektif dan efisien
- Komponen Informasi terkait Sekolah yang Diamati
- Program/Kegiatan yang sudah berjalan.
- Kegiatan literasi 15 menit sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
- Peserta didik melaksanakan kegiatan literasi di pojok baca dan mading kelas
- Peserta didik menampilkan karya di pojok baca dan mading kelas
- Program lain yang dapat ditambahkan
- Literasi Digital: memanfaatkan media sosial untuk menampilakan karya peserta didik.
- Perlombaan literasi antar gugus sekolah
- Kegiatan literasi dengan pegiat literasi di luar sekolah (komunitas rumah baca, komunitas literasi, komunitas numerasi dan lain-lain)
- Kolaborasi kegiatan literasi dengan perpustakaan daerah/ perpustakaan kabupaten.
- Literasi dengan orang tua peserta didik di sekolah
- Kolaborasi kegiatan literasi dengan mahasiswa dan dosen.
- Pihak yang dapat dilibatkan
- Tim IT sekolah
- Stakeholder guru di tingkat gugus
- Orang tua peserta didik
- Guru-guru SDI konggang
- Komunitas yang bergerak di kegiatan literasi
- Pemerintah daerah
- Mahasiswa dan dosen
- Indikator keberhasilan program
- Peserta didik mampu membaca teks dengan lancar
- Peserta didik mampu menggunakan tanda baca dengan baik dan benar
- Peserta didik bisa menghasilkan sebuah karya orisinal
- Partisipasi dari orang tua dalam menghasilkan teks literasi untuk kegiatan literasi di sekolah
- Partisipasi dari pemerintah daerah dalam menyiapkan bahan bacaan literasi peserta didik
- Partisipasi dari komunitas pegiat literasi dalam kegiatan literasi di sekolah
- Partisipasi dari mahasiswa dan dosen dalam kegiatan literasi untuk peserta didik di sekolah.
- Kendala yang dialami sekolah dan Solusi alternatif yang dapat diajukan
No
Kendala yang dialami sekolah
Solusi alternatif yang dapat diajukan
1
Ketersediaan bahan literasi yang masih minim
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!