Mohon tunggu...
Antonius Muardi
Antonius Muardi Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Calon Guru

Melaksanakan amanat UUD 1945 "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ruang Kolaborasi Topik 4 Pembelajaran Berdiferensiasi

18 Desember 2024   12:45 Diperbarui: 18 Desember 2024   12:45 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

T4.3. Ruang Kolaborasi

Kegiatan: Membuat RPP/Modul Ajar Berdiferensiasi secara kelompok

Nama Anggota Kelompok:

  • Agnes Mbung
  • Antonius Muardi
  • Desyana D. Saban
  • Maria Sartika SIndang

Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi.

MODUL AJAR

  • INFORMASI UMUM
  • Identitas Modul

    • Nama Penyusun
    • : Agnes Mbung
    • Antonius Muardi
    • Desyana D. Saban
    • Maria S. Sindang

    • Instansi
    • : SDI Konggang
    • Tahun Pelajaran
    • : 2024/2025
    • Mata Pelajaran
    • Fase
    • : C
    • Kelas/Semester
    • : V/1
    • Bab
    • : 1 Pancasila Dalam Kehidupanku
    • Tema
    • : B Meneladani Perilaku Pancasila
    • Alokasi Waktu
    • : 2 JP (2X 35 Menit)
    • Kompetensi Awal
    • Peserta didik mampu memahami sejarah Pancasila
    • Peserta didik mampu memahami sila-sila Pancasila
    • Peserta didik mampu mengidentifikasi simbol-simbol Pancasila
    • Profil Pelajar Pancasila
    • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia,
    • Gotong Royong
    • bernalar kritis
    • kreatif
    • Sarana dan Prasarana
    • Media: Teks Bacaan, Video dan PPT
    • Alat: white board, LCD proyektor, laptop guru
    • Lingkungan belajar: ruang kelas dan lingkungan tempat tinggal peserta didik.
    • Target Peserta Didik
    • Reguler 28 Orang:
    • Gaya Belajar Visual/Audiovisual 11 Orang dibagi dalam 2 kelompok belajar
    • Gaya Belajar Audiotory 9 Orang dibagi dalam 2 kelompok belajar
    • Gaya belajar kinestetik 8 orang dibagi kedalam 2 kelompok belajar
    • Jumlah Peserta Didik: 28 Peserta Didik
    • Model Pembelajaran
    • Model pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)
    • Pendekatan: Teaching at the Right Level (TaRL), Cullturally Responsive Teaching (CRT)
    • Metode Pembelajaran: Ceramah interaktif, Tanya jawab, demontrasi, diskusi.
    • KOMPETENSI UMUM (Prinsip UbD)
    • Capaian Pembelajaran Fase c
    • Peserta didik mampu memahami dan menyajikan hubungan antarsila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
    • Alur Tujuan Pembelajaran
    • Peserta didik mampu menyebutkan urutan sila-sila Pancasila. (C1)
    • Peserta didik mampu menjelaskan makna dari sila-sila Pancasila. (C2)
    • Peserta didik mampu menentukan simbol-simbol dalam sila-sila Pancasila. (C3)
    • Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. (C3)
    • Peserta didik mampu menemukan contoh kehidupan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang berkaitan dengan penerapan dari sila-sila Pancasila (C4)
    • Peserta didik mampu menyimpulkan makna dari simbol-simbol Pancasila (C5)
    • Peserta didik mampu menampilkan contoh penerapan perilaku dari sila-sila pancasila dalam kehidupan di keluarga, kehidupan di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. (C6).
    • Asesmen/Penilaian
    • Assessment for learning 
    • QUIZ
    • Simbol dari sila kedua dan ketiga adalah?
    • Apa makna dari lambang pohon beringin?
    • Apa makna dari kepala banteng?
    • Apa symbol dari sila kelima dalam pancasila?

    • Assessment as learning
    • Nama lengkap             :
    • Kelas/Semester           :

    • Petunjuk: Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya Serahkan kembali format yang sudah kamu isi kepada bapak guru.

  • No

    Pernyataan

    Ya

    Tidak

    Selama Kegiatan Belajar Kelompok Di kelas Saya:

    1

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5
    6. 6
    7. 7
    8. 8
    9. 9
    10. 10
    11. 11
    12. 12
    13. 13
    14. 14
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun