T4.3. Ruang Kolaborasi
Kegiatan: Membuat RPP/Modul Ajar Berdiferensiasi secara kelompok
Nama Anggota Kelompok:
- Agnes Mbung
- Antonius Muardi
- Desyana D. Saban
- Maria Sartika SIndang
Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi.
MODUL AJAR
- INFORMASI UMUM
- Identitas Modul
- Nama Penyusun
- : Agnes Mbung
- Antonius Muardi
- Desyana D. Saban
- Maria S. Sindang
- Instansi
- : SDI Konggang
- Tahun Pelajaran
- : 2024/2025
- Mata Pelajaran
- : Pendidikan Pancasila
- Fase
- : C
- Kelas/Semester
- : V/1
- Bab
- : 1 Pancasila Dalam Kehidupanku
- Tema
- : B Meneladani Perilaku Pancasila
- Alokasi Waktu
- : 2 JP (2X 35 Menit)
- Kompetensi Awal
- Peserta didik mampu memahami sejarah Pancasila
- Peserta didik mampu memahami sila-sila Pancasila
- Peserta didik mampu mengidentifikasi simbol-simbol Pancasila
- Profil Pelajar Pancasila
- Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia,
- Gotong Royong
- bernalar kritis
- kreatif
- Sarana dan Prasarana
- Media: Teks Bacaan, Video dan PPT
- Alat: white board, LCD proyektor, laptop guru
- Lingkungan belajar: ruang kelas dan lingkungan tempat tinggal peserta didik.
- Target Peserta Didik
- Reguler 28 Orang:
- Gaya Belajar Visual/Audiovisual 11 Orang dibagi dalam 2 kelompok belajar
- Gaya Belajar Audiotory 9 Orang dibagi dalam 2 kelompok belajar
- Gaya belajar kinestetik 8 orang dibagi kedalam 2 kelompok belajar
- Jumlah Peserta Didik: 28 Peserta Didik
- Model Pembelajaran
- Model pembelajaran: Problem Based Learning (PBL)
- Pendekatan: Teaching at the Right Level (TaRL), Cullturally Responsive Teaching (CRT)
- Metode Pembelajaran: Ceramah interaktif, Tanya jawab, demontrasi, diskusi.
- KOMPETENSI UMUM (Prinsip UbD)
- Capaian Pembelajaran Fase c
- Peserta didik mampu memahami dan menyajikan hubungan antarsila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh. Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
- Alur Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu menyebutkan urutan sila-sila Pancasila. (C1)
- Peserta didik mampu menjelaskan makna dari sila-sila Pancasila. (C2)
- Peserta didik mampu menentukan simbol-simbol dalam sila-sila Pancasila. (C3)
- Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. (C3)
- Peserta didik mampu menemukan contoh kehidupan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang berkaitan dengan penerapan dari sila-sila Pancasila (C4)
- Peserta didik mampu menyimpulkan makna dari simbol-simbol Pancasila (C5)
- Peserta didik mampu menampilkan contoh penerapan perilaku dari sila-sila pancasila dalam kehidupan di keluarga, kehidupan di lingkungan sekolah dan di lingkungan masyarakat. (C6).
- Asesmen/Penilaian
- Assessment for learningÂ
- QUIZ
- Simbol dari sila kedua dan ketiga adalah?
- Apa makna dari lambang pohon beringin?
- Apa makna dari kepala banteng?
- Apa symbol dari sila kelima dalam pancasila?
- Assessment as learning
- Nama lengkap       :
- Kelas/Semester      :
- Petunjuk: Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda checklist (v) pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya Serahkan kembali format yang sudah kamu isi kepada bapak guru.
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Selama Kegiatan Belajar Kelompok Di kelas Saya:
1
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!