1. Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari prinsip Understanding by Design dalam merancang pembelajaran dan asesmen?
Pemahaman baru yang saya dapatkan ketika mempelajari prinsip UbD dalam merancang pembelajaran dan asesmen adalah sebagai berikut:
- Dalam merancang pembelajaran dengan prinsip UbD sebagai berikut:
- Menentukan tujuan
- Tujuan pembelajaran harus disusun dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. Tujuan pembelajaran dapat disusun berdasarkan kurikulum yang digunakan di sekolah masing-masing. Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi.
- Kompetensi
- Kompetensi merupakan kemampuan yang perlu didemonstrasikan oleh peserta didik untuk menunjukkan dirinya telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Dalam menentukan kompetensi, guru harus mempertimbangkan karakteristik peserta didik.
- Lingkup materi
- Lingkup materi merupakan konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran
- Menentukan asesmen
- Ada tiga pendekatan asesmen yang perlu diterapkan oleh guru dalam mengukur hasil belajar peserta didik.
- Pertama, assessment for learning (AfL). AfL adalah sebuah asesmen yang dilakukan pada saat pembelajaran sedang berlangsung dan asesmen ini dimaksudkan untuk memperbaiki kualitas proses belajar dan mengajar. Dengan AfL, guru dapat memberikan umpan balik terhadap proses belajar peserta didik, memantau kemajuan belajar dan menentukan kemajuan belajar peserta didik. Contoh AfL adalah kuis, presentasi, tugas, dan sebagainya.
- Kedua, assessment as learning (AaL). Sebenarnya AaL memiliki fungsi yang sama dengan AfL karena keduanya dilaksanakan pada saat proses pembelajaran. Perbedaannya, assessment as learning melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Contoh dari AaL ini adalan penilaian diri (self-assessment) dan penilaian oleh teman sejawat (peer-assessment). Dalam AaL, peserta didik terlibat dalam merumuskan prosedur penilaian, kriteria, maupun rubrik/pedoman penilaian sehingga mereka mengetahui dengan pasti apa yang harus dilakukan agar memperoleh capaian belajar yang maksimal. . AfL dan AaL merupakan bagian dari asesmen formatif yang dimaksudkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar dan mengajar
- Ketiga, assessment of learning (AoL). AoL adalah asesmen yang dilaksanakan di akhir proses pembelajaran dan dimaksudkan untuk mengukur capaian belajar atau hasil peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran. Contoh AoL ini adalah ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir tahun dan sebagainya. AoL merupakan bagian dari asesmen sumatif yang harus dilakukan oleh guru
- Menentukan kegiatan pembelajaran
- Pendekatan pembelajaran sebaiknya dilakukan dengan berpusat pada peserta didik, misalnya dengan menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT). Selain menentukan pendekatan pembelajaran Anda juga dapat memilih model, strategi, dan metode yang akan digunakan.
- Pendekatan
- strategi
- Metode pembelajaran
- Teknik pembelajaran
- Taktik pembelajaran
- Model pembelajaran
2. Bagian manakah dari konsep rancangan pembelajaran dengan prinsip UbD yang paling menantang?
Konsep rancangan dengan prinsip UbD yang paling menantang menurut saya yaitu di bagian menentukan Asesmen di bagian asesmen as learning adalah melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan penilaian. Peserta didik terlibat dalam merumuskan prosedur penilaian, kriteria, maupun rubric/pedoman penialaian sehingga mereka mengetahui dengan pasti apa yang harus dilakukan agar memperoleh capaian belajar yang maksimal. Berkaitan dengan asesmen as learning ini dalam pembelajaran berdiferensiasi kami diajarkan tentang peserta didik mempunyai kebutuhan belajar masing-masing dan peserta didik mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Saya merasa cukup sulit untuk merumuskan asesmen as learning ini dikarenakan peserta didik mempunyai kebutuhan-kebutuhan belajar yang beragam dan peserta didik mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga saya sebagai guru dalam merancang asesmen as learning ini harus merancang asesmen sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan berdasarkan karakteristiknya saya merasa hal ini cukup sulit untuk saya rancang.
3. Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait dengan pendekatan UbD?
Hal-hal yang ingin saya pelajari terkait dengan pendektan UbD yaitu tentang bagaimana merancang asesmen as learning sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik dan karakteristik peserta didik, saya akan belajar lagi berkaitan dengan pemilihan strategi pembelajaran yang seusuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, taktik pembelajaran yang bisa menjawab gaya belajar peserta didik, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kesiapan belajar peserta didik.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI