Mohon tunggu...
Antonius Muardi
Antonius Muardi Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG Calon Guru

Melaksanakan amanat UUD 1945 "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul Ajar PPKn Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas V SD

30 Oktober 2024   19:22 Diperbarui: 30 Oktober 2024   19:24 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MODUL AJAR

  • INFORMASI UMUM
  • Identitas Modul
  • Nama Pengampu:
  • Instansi:
  • Tahun Pelajaran: 2024/2025
  • Mata Pelajaran: PPKn
  • Fase: C
  • Kelas/ Semester: V/I
  • Tema: I Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Alokasi Waktu: 2 X 35 Menit
  • Kompetensi Awal
  • Peserta didik mampu memahami isi Pancasila
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi symbol-simbol Pancasila
  • Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila
  • Profil Pelajar Pancasila
  • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia,
  • Gotong Royong
  • mandiri
  • bernalar kritis
  • kreatif
  • Sarana dan Prasarana
  • Media: Teks Bacaan, Video dan PPT
  • Alat: white board, LCD proyektor, laptop guru
  • Lingkungan belajar: ruang kelas dan lingkungan tempat tinggal peserta didik.
  • Target Peserta Didik
  • Peserta didik diharapkan sudah mendapatkan materi tentang Pancasila
  • Peserta didik diharapkan bisa memahami makna Pancasila
  • Jumlah Peserta Didik (menunjukkan banyaknya peserta didik yang mengikuti modul ajar tersebut)
  • 20 Peserta Didik
  • Model Pembelajaran
  • Model pembelajaran: Tatap Muka
  • Pendekatan: Saintifik
  • Metode Pembelajaran: Ceramah interaktif, Tanya jawab dan penugasan.
  • KOMPETENSI UMUM (Prinsip UbD)
  • Tujuan Pembelajaran
  • Peserta didik mampu menyebutkan urutan sila-sila Pancasila. (C1)
  • Peserta didik mampu menjelaskan makna dari sila-sila Pancasila. (C2)
  • Peserta didik mampu menentukan simbol-simbol dalam sila-sila Pancasila. (C3)
  • Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah atau di lingkungan masyarakat. (C3)
  • Peserta didik mampu menemukan contoh kehidupan di sekolah dan masyarakat yang berkaitan dengan sila-sila Pancasila (C4)
  • Peserta didik mampu menyimpulkan makna dari simbol-simbol Pancasila (C5)
  • Peserta didik mampu menampilkan contoh penerapan perilaku dari sila-sila pancasila dalam kehidupan di lingkungan sekolah atau lingkungan masyarakat. (C6).
  • Asesmen/Penilaian
  • Sebutkan urutan dari sila-sila Pancasila?
  • Jelaskan arti/makna dari setiap sila-sila dalam Pancasila!
  • Berikut ini simbol-simbol dalam Pancasila:
  • Simbol gambar bintang
  • Simbol gambar rantai
  • Simbol gambar pohon beringin
  • Simbol gambar kepala banteng
  • Simbol gambar padi dan kapas

Tentukanlah symbol-simbol tersebut sesuai dengan sila-sila Pancasila!

  • Buatlah contoh penerapan dari setiap sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari!
  • Buatlah kesimpulan tentang arti dari symbol-simbol Pancasila!
  • Buatlah sebuah contoh, tentang penerapan perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan salah satu penerapan dari sila-sila Pancasila! Tugas ini bisa dikerjakan dalam bentuk video, gambar, dan sebuah tulisan.
  • Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal

  • Kelas dimulai dengan salam, menanyakan kabar dan memeriksa kehadiran peserta didik.
  • Kelas dilanjutkan dengan do'a yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik sesuai gilirannya. (Religius, beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia)
  • Menyanyikan lagu-lagu kebangsaan (Nasionalisme)
  • Kegiatan Literasi selama 15 menit
  • Peserta didik selalu diingatkan untuk selalu disiplin dan bertanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran agar memperoleh ilmu yang bermafaat. (kesdisiplinan dan tanggung jawab)
  • Guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar semangat mengikuti pembelajaran. (Motivator)
  • Guru menjelaskan kegiatan yang akan peserta didik lakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.
  • Guru melaksanakan asesmen kesiapan belajar peserta didik dengan memberikan soal.
  • Hari lahir pencasila diperingati setiap tanggal berapa?
  • Tulislah simbol-simbol dari setiap sila-sila Pancasila!
  • Tulislah salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sila-sila pancasila!
  • Guru mengelompokan peserta didik sesuai dengan kesiapan belajar mereka.

Kegiatan Inti

  • Diferensiasi Proses
  • Guru dalam kegiatan pembelajaran melaksanakan proses pembelajaran sebagai berikut:
  • Mengelompokan siswa sesuai kesiapan belajar dan memberikan bimbingan sesuai dengan kesiapan belajar peserta didik.
  • Menjelaskan materi sesuai dengan gaya belajar peserta didik.
  • Diferensiasi Produk
  • Peserta didik mampu menampilkan contoh penerapan perilaku dari sila-sila pancasila dalam kehidupan di lingkungan sekolah atau lingkungan masyarakat.
  • Buatlah sebuah contoh, tentang penerapan perilaku dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan salah satu penerapan dari sila-sila Pancasila! Tugas ini bisa dikerjakan dalam bentuk video, gambar, dan sebuah tulisan.
  • Diferensiasi Lingkungan Belajar
  • Kegiatan belajar di lingkungan kelas dalam bentuk kelompok
  • Melakukan pengamatan di lingkungan sosial tentang contoh-contoh perilaku yang mencerminkan sila-sila Pancasila.
  • Kegiatan Penutup

  • Guru melakukan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman tentang materi yang sudah diajarkan.
  • Guru Bersama siswa merefleksikan pengalaman belajar Pancasila
  • Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah diajarkan
  • Guru mengaitkan materi yang sudah diajarkan terhadap kehidupan sehari-hari peserta didik
  • Doa penutup bersama
  • LAMPIRAN-LAMPIRAN
  • Bahan Ajar: Gaya Belajar Kinestetik
  • Pancasila

  •  
  • Makna dari sila-sila pancasila
  • Nilai dalam sila pertama yaitu Ketuhanan  Yang  Maha  Esa  Pada  sila  pertama  ini, mengandung nilai yang luhur dalam kaitannya dengan ketuhanan, keagamaan, keadilan dan kenegaraan. Segala hal diatur berdasarkan aturan agama, sehingga pola pikir dan pola adat masyarakat Indonesia harus berdasar pada kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Penerapan dalam sila pertama Pancasila dapat dilakukan dengan menghormati setiap  perbedaan,  yaitu  perbedaan  keyakinan  yang  beragam  antar masyarakat,  membina  kerukunan  hidup  antar  masyarakat  yang  memiliki  perbedaan  agama  dan keyakinan, tidak memaksakan suatu keyakinan atau agama kepada orang lain, dan menumbuhkan sikap saling toleransi antar umat beragama (Gultom, 2016).
  • Nilai pada sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Dalam sila kedua Pancasila ini, mengandung  makna  mengenai  penghormatan  terhadap  orang  lain  walaupun  setiap masyarakat memiliki perbedaan yang beragam. Pengimplementasian dari sila kedua ini adalah dengan cara menanamkan dan menerapkan rasa toleransi kepada orang lain, menghargai dan menghormati antar masyarakat,  dan  selalu  bersikap  adil  terhadap  setiap  orang  tanpa  membeda-bedakannya.  Nilai kemanusiaan yang mencakup dalam sila kedua ini secara singkat dapat dinyatakan dalam menghormati perbedaan antar masyarakat, menghormati harkat dan derajat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, yang sama derajatnya, yang sama hak dan kewajiban-kewajiban asasinya, menanamkan rasa nasionalisme dan komitmen pada eksistensi bangsa, dan yang terakhir adalah terciptanya keadilansosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  • Nilai pada sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia mengandung makna yaitu hubungan alamiah antarmanusia bahwa manusia memiliki perbedaan antar satu manusia dengan manusia lainnya. Pada  sila  ketiga ini, masyarakat Indonesia  diharapkan dapat menempatkan  persatuan,  kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas golongan atau pribadi. Menempatkan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi berarti rela dan sanggup berkorban demi bangsa dan negara yang dilandasi  oleh  rasa  cinta  tanah  air  dan  semangat  membangun  rasa  nasionalisme.  Selain  itu,  selalu menempatkan  kepentingan bangsa  dan  negara lebih dari apapun.  Untuk bisa menumbuhkan  perilaku tersebut maka kembangkanlah rasa kebanggan untuk bertanah air Indonesia dalam rangka memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Selain hal di atas, sila ketiga ini dapat di implementasikan dengan cara menghidupkan segala perbedaan yang  ada  sehingga  perbedaan  tersebut  dapat  mengarah  kepada  kesatuan  sebagaimana semboyan negara Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berarti walaupun berbeda-beda tapi tetap satu tujuan. Selain itu, ciptakan suasana saling tolong menolong dibalik segala perbedaan yang beragam sehingga  akan  terciptanya kehidupan  yang rukun antar masyarakat Indonesia.  Dengan begitu gotong royong pun akan terlaksana karena adanya saling membantu antar sesama. Bangsa Indonesia yang bisa mengimplementasikan  sila  ketiga  dengan  tolong-menolong  dan gotong  royong  dengan  begitu  maka dapat   dilihat   bahwa   sila   ketiga   Pancasila   memberikan   kesempatan   secara   leluasa   dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia
  • Nilai-nilai sila keempat, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.  Kerakyatan  Indonesia  adalah  demokrasi  yang  di  pimpin  oleh  hikmah kebijaksanaan  dan  mufakat.  Kerakyatan  timbul  karena  adanya  kesadaran  bahwa  manusia  memiliki kedudukan,  hak,  dan  kewajiban  yang  sama  sebagai  makhluk  ciptaanTuhan  Yang  Maha  Esa.  Oleh karena  itu, perlu adanya  kesadaran  untuk menempatkan kepentingan  negara  dan masyarakat. Karena memiliki kedudukan, hak dan kewajiban yang sama maka tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.  Sebelum mengambil  keputusan  yang  menyangkut  kepentingan  hidup  bersama,  maka  ada baiknya  diadakan  musyawarah  mufakat  terlebih  dahulu.  Musyawarah  mufakat  ini  ditimbulkan  juga karena adanya semangat kekeluargaan yang merupakan ciri khas dari bangsa negara Indonesia sendiri. Dalam sila keempat Pancasila ini masyarakat Indonesia dapat mengimplementasikannya dengan cara memuliakan,  menghargai  dan  menghormati  orang  lain  tanpa  membedakannya  sedikitpun,  selalu bersikap jujur saat adanya pemilu, dan yang terakhir adalah tidak saling menghina antar warga negara.
  • Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima  Pancasila, yaitu Keadilan  Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Dalam sila kelima ini, masyarakat Indonesia menyadarai sepenuhnya bahwa manusia memiliki  hak  dan  kewajiban  yang  sama  di  mata  hukum.  Untuk  menciptakan  keadilan  sosial  untuk seluruh  rakyat  Indonesia  maka  dalam  hal  ini  perlu  adanya  kesadaran  dan  perkembangan  sikap  dan suasana kekeluargaan dan gotong royong untuk segenap masyarakat Indonesia. Untuk itu, perlu adanya kesadaran  sikap  yangadil  antar  sesama  dan  menjaga  antara  hak  dan  kewajiban  serta  menghormati harkat  dan  martabat  orang  lain.  Lalu,  masyarakat  Indonesia  dapat  mengimplementasikan  Pancasila dengan menanamkan sikap tolong menolong sehingga dapat terwujud kehidupan yang rukun dan damai. (https://journal.actual-insight.com/index.php/decive/article/view/227/1660)

  • Simbol-simbol pancasila dan maknanya.
  •  
  • Simbol gambar bintang
  • Simbol gambar bintang berwarna kuning yang bersudut lima dengan latar belakang warna hitam terletak di bagian tengah perisai dijadikan sebagai dasar Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal ini mengandung maksud bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yaitu bangsa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Simbol gambar bintang dijadikan sebagai lambang sila pertama dalam Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Simbol gambar rantai
  • Gambar rantai dengan latar belakang warna merah dijadikan sebagai dasar Kemanusiaan yang Adil dan beradab. Simbol gambar rantai ini dijadikan sebagai lambang sila kedua dari Pancasila. Rantai yang berjumlah 17 dan saling sambung menyambung tidak terputus, ini melambangkan generasi penerus yang turun temurun.
  • Simbol gambar pohon beringin
  • Simbol ini terletak di bagian atas sebelah kiri gambar bintang dijadikan sebagai dasar Persatuan Indonesia. Simbol gambar pohon beringin ini dijadikan sebagai lambang untuk sila ketiga Pancasila. Pohon beringin melambangkan sebagai tempat berteduh atau berlindung.
  • Simbol gambar kepala banteng
  • Simbol gambar kepala banteng terletak di sebelah atas gambar bintang. Gambar Kepala Banteng dijadikan sebagai dasar Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan. Kepala banteng diartikan sebagai tenaga rakyat dijadikan sebagai lambang sila keempat Pancasila.
  • Simbol gambar padi dan kapas
  • Simbol gambar padi dan kapas melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan. Simbol gambar padi dan kapas dijadikan sebagai dasar Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. (https://bpip.go.id/berita/ini-bunyi-pancasila-dan-makna-5-lambangnya)



  • Rubrik Penilaian

Soal

Penilaiaan

Sebutkan urutan dari sila-sila Pancasila

3

Siswa dapat menyebutkan sila-sila pancasila sesuai dengan urutan yang benar

1

Siswa hanya menyebutkan beberapa sila-sila pancasila

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun