Nama  : Zaenatul FirdausÂ
NIM Â Â : 240211920068
Kelas  : PGSD H/06
T5.8 Aksi Nyata
Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
1. Mulai dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
= Pada bagian ini yang saya pikirkan tentang topik ini adalah pembelajaran dengan pendekatan ZPD pada pendidikan di Indonesia. Strategi, metode dan teknik pembelajaran yang diterapkan pada scaffolding ZPD. Dan apa saja dampak atau faktor yang mempengaruhi pendidikan di Indonesia.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari pada topik ini?
= Dalam topik ini saya mempelajari penerapan scaffolding pada ZPD. Scaffolding menitikberatkan proses interaksi yang dilakukan oleh orang dewasa (guru atau orang tua) dan teman sebaya. Dalam interaksi orang dewasa dan anak, terjadi proses imitasi yang dilakukan oleh seorang anak yang berlangsung secara bertahap sehingga proses imitasi terinternalisasi dalam perkembangan kognitif dan psikologis dan memungkinkan seorang anak untuk menjadi lebih mandiri. Proses imitasi yang terjadi bukan hanya sekedar meniru apa yang sudah orang dewasa (guru maupun orang tua) lakukan dan kata kan. Adapun konsep penting dalam scaffolding yaitu bantuan yang bersifat temporer dan spesifik dimana guru maupun orang tua melakukan beberapa modifikasi dalam membantu atau membimbing seorang anak yang mengalami kesulitan atau masalah tertentu. Sehingga dengan pemberian bantuan atau bimbingan dari guru, peserta didik dapat dengan mudah memahami pembelajaran. Selain itu, juga dapat menumbuhkan rasa keinginatahuan yang tinggi pada peserta didik.