Nama  : Zaenatul FirdausÂ
NIM Â Â : 240211920068
Kelas  : PGSD H/06
T4.8 Aksi Nyata
Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
1. Mulai dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
= Pada bagian ini yang saya pikirkan tentang topik ini adalah bagaimana konsep ZPD dapat di terapkan dalam pendidikan di Indonesia. Berbagi pengalaman mengenai kerja sama yang dilakukan atau proses pembelajaran kolaboratif, peran yang dapat mempengaruhi serta pelajaran -- pelajaran yang dapat diambil dari kerjasama tim tersebut.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari pada topik ini?
= Dalam topik ini saya mempelajari konsep konsep yang ada pada pembelajaran ZPD (Zone of Proximal Development) yang mana konsep dikenalkan oleh Vygotsky, dan memberikan gagasan mengenai jarak antara tingkat perkembangan aktual untuk memecahkan masalah secara mandiri dan tingkat perkembangan potensial ketika memecahkan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau dalam kolaborasi dengan teman sebaya yang lebih mampu. Selain itu saya juga mempelajari proses kolaborasi dalam ZPD, saya juga mendapatkan pemahaman mengenai seorang pendidik perlu memeriksa situasi sosial untuk pembangunan, struktur psikologis yang ada, dan struktur berikutnya yang sedang dibentuk untuk mencirikan zona objektif perkembangan proksimal. periode usia tertentu kira-kira dengan pantas.
3. Ruang Kolaborasi
Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan - rekan anda dalam ruang kolaborasi?
= Dalam topik ruang kolaborasi saya dengan rekan -- rekan mempelajari lebih lanjut mengenai isu isu yang telah di jelaskan melalui artikel yang tersedia, disana saya dan rekan -- rekan mulai menelaah dan mengaitkan dengan teori dari piage dan Vygotsky mengenai konsep konsep pada ZPD tersebut.
4. Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang anda pelajari dari proses demonstrasi kontesktual yang anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan dan diri sendiri)?
= Dalam topik ini, saya bersama kelompok melakukan presentasi mengenai materi dalam ruang kolaborasi. Dalam proses demonstratsi kontekstual ini, teman sejawat saya menyimak presentasi yang disampaikan oleh kelompok kami, mereka juga memberikan tanggapan dan pertanyaan yang sesuai dengan materi yang kelompok saya sampaikan.
5. Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini apa yang telah anda pahami mengenai topik ini?
= Sejauh ini saya sudah memahami tentang bagaimana faktor -- faktor yang dapat terjadi pada pembelajaran ZPD, Kemudian mengenai tantangan -- tantangan dan cara menyikapinya terkait dengan konsep ZPD ini seperti dalam menyikapi tantangan terkait dengan topik ZPD ini, adalah terkait dengan perbedaan peserta didik yang berbagai ragam seperti perbedaan kecepatan pemahaman peserta didik, gaya belajar peserta didik serta karakteristik yang berbeda. Dalam hal ini, pendidik perlu melakukan bimbingan terhadap peserta didik yang memiliki pemahaman yang kurang, pendidik juga dapat membangun kolaborasi yang baik dengan peserta didik agar mereka dapat melakukan interaksi dan komunikasi dengan pendidik dan teman sebayanya. Dengan demikian, peserta didik akan terus terlibat atau ikut serta dalam keaktifan di dalam kelas selama proses pembelajarannya.
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
= Hal baru yang saya pahami adalah bagaimana cara kerja dan konsep ZPD dan hal ini menarik untuk dikaji lebih dalam lagi.
Apa yang ingin anda pelajari lebih lanjut?
= Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana menerapkan ilmu terkait dengan menggunaka konsep ZPD pada pembelajaran yang dilakukan oleh saya sendiri sebagai calon guru.
6. Koneksi antar Materi
Apa yang anda pelajari dari koneksi antar materi baik didalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
= Dalam koneksi antar materi saya mempelajari bahwa topik konsep ZPD ini memiliki keterkaitan dengan mata kuliah lain seperti dalam mata kuliah filosofi pendidikan Indonesia, Literasi dalam Lintas Mata Pelajaran, Pemahaman Peserta Didik dan Pemahamannya, Prinsip Pengajaran dan Asesmen. Tentunya dalam topik ini memiliki hubungan yang sangat erat antar mata kuliah.
7. Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan anda sebagai guru?
= Manfaat yang saya dapatkan dari pembelajaran ini untuk kesiapan sebagai guru diantaranya adalah perlunya memahami latar belakang peserta didik, memahami kebutuhan dan karakteristik peserta didik, kemudian bagaimana cara untuk menerapkan konsep ZPD di kelas, memberi pemahaman pada peserta didik bahwa proses kolaborasi itu penting bagi guru, peserta didik dan teman sebayanya.
Bagaimana anda menilai kesiapan anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
= Untuk kesiapan saya saat ini untuk menjadi guru adalah di skala 8. Alasannya karena saya menyadari kemampuan saya sudah lebih baik dalam memahami peserta didik, dan merasa sedikit mampu untuk melakukan pendekatan atau scaffolding dengan peserta didik dan membangun atau menciptakan proses kolaborasi untuk peserta didik dan teman sejawatnya
Apa yang perlu anda siapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya secara optimal?
= Dalam mempelajari perspektif sosiokultural dalam pendidikan Indonesia, saya menyadari bahwa saya perlu melakukan banyak sekali pembelajaran dan bagaimana cara agar saya bisa menerapkannya dalam kelas secara optimal. Diantaranya adalah perlunya menyiapkan Langkah -- Langkah pembelajaran yang membantu saya dalam memahami peserta didik baik secara karakteristik dan kebutuhannya. Bagaimana melaksanakan konsep ZPD dengan baik ketika pembelajaran dan masih banyak hal lainnya. Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H