Tuliskan Rencana Aksi Nyata Anda dengan menjawab pertanyaan panduan berikut:
Apa tindakan konkret yang dapat Anda ambil untuk terus mengembangkan keterampilan literasi dasar berdasarkan pemahaman dari kelas ini?
Tindakan konkret yang dapat saya ambil untuk terus mengembangkan keterampilan literasi dasar adalah dengan cara meminta peserta didik untuk menulis pengalaman pada saat liburan, boleh liburan dimana saja. Meliputi 5W + 1H, minimal 2 paragraf dan bahasanya dengan bahasa Indonesia serta diberi judul. Setelah selesai, peserta didik diminta maju ke depan untuk membacakan ceritanya, dan peserta didik yang lain bisa menyimak temannya yang maju ke depan. Berdasarkan hal tersebut, pesera didik dapat mengembangkan literasi dalam menulis cerita, literasi membaca atau menceritakan bacaan di depan kelas dan menyimak bacaan yang dibacakan oleh temannya yang maju ke depan. Bisa juga dengan materi puisi, saya memberikan contoh membaca puisi kepada peserta didik. Kemudian, peserta didik diminta untuk memahami makna yang terkandung dalam puisi yang dibacakan. setelah memahami isi puisi tersebut, peserta didik bisa maju ke depan untuk membacakan puisi.
Bagaimana Anda akan membantu siswa Anda mengembangkan keterampilan literasi dasar dalam konteks mata pelajaran yang Anda ajarkan?
Membantu peserta didik mengembangkan keterampilan literasi dasar dalam konteks mata pelajaran yang diajarkan bisa dengan cara, saya memilih satu buku bacaan dan akan saya bacakan di depan kelas. Sebelumnya, saya meminta peserta didik untuk memperhatikan dan menyimak buku bacaan yang akan saya bacakan. Buku tersebut berjudul “Kancil mencuri Timun”. Sebelum saya membacakan. Saya tunjukkan buku tersebut kepada peserta didik. Sehingga peserta didik mengetahui seperti apa buku bacaan tersebut. Kemudian, saya bacakan buku bacaan dari awal sampai akhir. Setelah saya selesai membacakan, saya tanyakan kepada peserta didik. Apa judul dari buku bacaan yang bu Nadya baca?, Siapa saja tokoh dalam bacaan tersebut?, Siapa yang mencuri timun? . Hal tersebut memasuki literasi dimana peserta didik menyimak bacaan dan termasuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Kemudian, ada berapa jumlah halaman buku bacaan tersebut yaa?, buku bacaan ini berbentuk bangun apa yaa?. Hal tersebut memasuki literasi numerasi, dimana peserta didik diminta menghitung jumlah halaman pada buku bacaan dan mengetahui jenis bangun datar, termasuk mata pelajaran matematika. Maka dari itu, dalam satu buku bacaan tersebut, bisa dikaitkan dalam keterampilan literasi dasar dalam konteks mata pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H