Lembar Kerja 4.8
Mengamati Lingkungan Kaya Literasi
1. Ini adalah tugas individu
2. Berdasarkan pengamatan di sekolah pilihan Anda, diskusi kelompok, dan berbagai masukaan, buatlah analisis terhadap sekolah yang sebelumnya Anda amati terkait lingkungan kaya literasi.
Lakukan analisis/evaluasi dengan pola 3-2-1
3 hal yang sudah berjalan dengan baik
1) Ketersediaan bahan bacaan
Hal ini sudah berjalan baik di sekolah yang Saya amati. Dimana ketersediaan buku yang beragam dan berkualitas di sekolah ini dapat menunjang program literasi yang diadakan di sekolah. Terdapat banyak buku yang disediakan mencakup buku fiksi, buku nonfiksi, novel, majalah, komik dan juga buku materi yang relevaan dengaan kurikulum. Dengan adanya macam-macam buku yang tersedia ini dapat mengembangkan bakat-bakat terpendam yang dipunyai oleh setiap siswa seperti halnya dalam keterampilan menulis, berpikir kritis, dan kreativitas siswa serta dapat memperkaya pengalaman belajar mereka.
2) Dukungan pihak sekolah (kepala sekolah dan guru)
Dukungan dari pihak sekolah sudah dilakukan dengan baik. Pihak sekolah mendukung perkembangan anak dalam hal literasi. Pihak sekolah memberikan fasilitas yang memadai bagi siswa seperti adanya perpustakaan, ketersediaan berbagai macam buku, mengadakan program literasi serta sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan program literasi. Selain itu, literasi ini juga sangat didukung oleh guru kelas yang setiap diadakannya program literasi guru kelas berperan akti dalam membimbing dan mengkoordinir siswa-siswinya.
3) Program literasi (GLS dan lomba bercerita)