Tuliskan Rencana Aksi Nyata Anda dengan menjawab pertanyaan panduan berikut:
1. Apakah strategi pengembangan keterampilan literasi yang ingin Anda terapkan di ruang kelas Anda kelak? Mengapa?
Strategi : Menulis Kreatif
Alasan :
Karena dengan menulis kreatif ini dapat memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan imajinasi mereka. Jika dilihat dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang masih senang dengan gambar-gambar yang menarik dan sangat senang untuk berimajinasi, maka menulis kreatif ini bisa diterapkan di kelas sekolah dasar. Selain itu, keterampilan literasi dengan strategi menulis kreatif ini dapat melatih siswa untuk menggunakan kosakata yang beragam, struktur kalimat, dan gaya penulisan yang berbeda. Hal tersebut dapat meningkatkan keterampilan bahasa mereka. Dalam menulis kreatif ini juga dapat melatih kemampuan siswa untuk berpikir kritis, dimana siswa dapat terdorong untuk menganalisis karakter, plot, dan tema saat menulis.
Menulis kreatif adalah menulis yang ditujukan untuk menyampaikan ide, perasaan, dan emosi bukan sekedar menyampaikan informasi saja. Menulis kreatif sering kali berasal dari individu yang memiliki kemampuan berpikir kreatif, sehingga terdapat hubungan yang sangat kuat antara keterampilan menulis kreatif dan kemampuan berpikir kreatif (Wardhana & Ardianto, 2007). Sejalan dengan hal tersebut menulis kreatif dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengelola ide-ide kreatif yang ada dalam pikiran seseorang dan menyusunnya dalam kalimat dengan struktur yang baik. Konsep menulis kreatif memiliki bobot yang lebih dalam daripada sekadar menyimpan imajinasi, karena tidak semua imajinasi mencerminkan pemikiran yang kreatif (Puspita, 2019). Dan menurut (Puspita, A. M. I., Santosa, A. B., Basuki, Y., Purnomo, Y. D., & Nuriadin, 2019) menulis kreatif adalah proses personal dalam menciptakan, berinovasi, dan mengorganisir ide atau pesan secara tertulis agar orang lain dapat memahami isi tersebut.
Kegiatan yang akan diterapkan :
Strategi menulis kreatif akan saya terapkan di kelas 5 dengan cara mengelompokkan siswa ke dalam beberapa kelompok. Dalam kegiatan ini, siswa akan terlibat dalam proses menulis kreatif untuk menciptakan komik cerita bergambar berbantuan media pembelajaran stiker viral. Mereka akan memulai dengan membaca dan menganalisis beberapa contoh komik-komik yang mereka punyai. Selanjutnya, setiap kelompok akan menyiapkan bahan untuk digunakan dalam projek seperti, stiker, kertas, spidol, pensil, penggaris, dan pensil warna/krayon. Kemudian setiap kelompok akan mendiskusikan dan mencatat ide-ide menarik dari diskusi dan merencanakan cerita mereka sesuai dengan stiker yang mereka punyai, termasuk karakter, setting, dan alur cerita.
Setelah itu, siswa akan menulis cerita dengan menggunakan struktur yang baik, memperhatikan penggunaan bahasa dan gaya penulisan. Mereka akan didorong untuk mengekspresikan imajinasi dan kreativitas mereka.
Di akhir kegiatan, setiap kelompok akan mempresentasikan hasil komik bergambar yang telah mereka buat dengan teman sekelas. Terakhir, siswa akan menuliskan refleksi tentang proses penulisan, apa yang mereka pelajari, dan tantangan yang dihadapi selama proyek. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis kreatif, tetapi juga belajar bekerja sama, berpikir kritis, dan mengekspresikan diri dengan percaya diri.
2. Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan dalam penerapan strategi keterampilan literasi sesuai profil peserta didik dan konteks sosial budaya siswa Anda?