Mohon tunggu...
Peserta PPG 12610
Peserta PPG 12610 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru

Selanjutnya

Tutup

Analisis

T3.7 Rencana aksi nyata terkait asesmen membaca dan menulis

14 Januari 2025   11:02 Diperbarui: 14 Januari 2025   11:02 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Rencana aksi nyata terkait asesmen membaca dan menulis memuat lima komponen yaitu :

  • Kegiatan yang dipilih

Mengembangkan kemampuan Literasi membaca dan menulis melalui pengamatan gambar.

  • Strategi yang digunakan

Membaca pemahaman: kegiatan membaca yang dilakukan oleh seseorang untuk memahami isi bacaan secara menyeluruh. Membaca pemahaman dilakukan dengan menghubungkan skemata atau pengetahuan awal yang dimiliki pembaca dan pengetahuan baru yang diperoleh saat membaca, sehingga proses pemahaman terbangun secara maksimal.

  • Alokasi waktu

Total Waktu : 2 x 25 menit

  • Langkah-langkah kegiatan
  • Pendahuluan (5 menit)
  • Guru menggali pemahaman awal siswa dengan memberikan pertanyaan pemantik "Apakah kalian pernah melihat bencana alam secara langsung?'
  • Guru    menyampaikan    tujuan    pembelajaran    yang    akan    dicapai    dalam pembelajaran ini
  • Kegiatan Inti (40 menit)
  • Guru memperlihatkan gambar tentang bencana alam yang
  • Guru meminta siswa untuk fokus mengamati gambar
  • Setelah mengamati gambar, siswa diminta untuk menulis apa yang telah diihat dengan bahasanya sendiri
  • Guru membimbing siswa dalam menulis pengamatan
  • Setelah siswa selesai menulis guru meminta siswa untuk membacakan hasil pengerjaannya di depan kelas.
  • Guru    memberikan     asesmen     literasi    kepada    siswa    untuk    mengukur pemahamannya
  • Penutup (5 menit)
  • Guru dan siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
  • Guru dan siswa melakukan refleksi pada pembelajaran yang sudah dilakukan.

Asesmen yang digunakan 

Asesmen Literasi : Menjodohkan Jenis 

Asesmen sebagai berikut :

  • Konten

Gambar bencana alam seperti teks narasi tentnag banjir yang sifatnya memberikan pengetahuan dan pemahaman baru bagi peserta didik

  • Konteks

Personal : hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sisekitar peserta didik

  • Tingkat Kognitif

Bentuk soal "Menjodohkan" bertujuan untuk mendorong peserta didik untuk mampu menghubungkan dan mencocokan antara dua pernyataan yang disedikan pada soal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun