Analisi Kegiatan Literasi dari beberapa Sekolah Dasar:
Nama Sekolah
Kegiatan / Program
Lingkungan Sosial
SD Islam Sultan Agung 1.3
Pojok Baca
Setiap kelas dilengkapi dengan sudut baca berupa rak buku yang berisi berbagai jenis buku dan sumber bacaan lain. Pojok baca ini dimanfaatkan peserta didik untuk mengisi waktu luang atau jam istirahat dan digunakan ketika jam pembiasaan literasi. Desain dan isi pojok baca di setiap kelas pun berbeda, mencerminkan kreativitas guru dan siswa dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan inspiratif.
- Bahan Bacaan
Pojok baca di setiap kelas dilengkapi dengan rak buku yang berisi berbagai jenis bahan bacaan, seperti buku cerita anak, fabel, buku agama, dan pengetahuan umum. Buku-buku ini disediakan langsung oleh peserta didik, peserta didik membawa buku yang ingin mereka baca, program ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam membaca dan memperluas wawasan mereka.
- Peran warga sekolah
Guru berperan besar dalam inisiatif pojok baca dengan menyediakan bahan bacaan dan merancang area pojok baca di setiap kelas. Guru juga mendampingi siswa dalam menggunakan pojok baca, membantu memilih buku yang sesuai, serta mendorong minat baca siswa.
- Dukungan Akademik
Sekolah dan pihak guru mendukung dan melaksanakan program pojok baca. Hal ini dibuktikan dengan terlaksanannya di setiap kelas.Â
- Dukungan Non-Akademik
Selain pihak sekolah dan guru, orang tua juga berperan dalam kesuksesan pojok baca yaitu dengan menyediakan buku bacaan untuk anak-anaknya untuk diletakan di rak pojok baca.
- Tata Letak Kelas