Mohon tunggu...
Peserta PPG 10433
Peserta PPG 10433 Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa ppg prajabatan

saya adalah seorang mahasiswa ppg yang sedang menjalani penididkan ppg

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aksi Nyata Perspktif Sosiokultural Topik 2

21 Oktober 2024   11:00 Diperbarui: 21 Oktober 2024   11:44 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama   : Zainiyah Amalia Ula Wildati

NIM    : 240211920150

Pada kesempatan kali ini saya akan melakukan refleksi mengenai materi yang telah saya pelajari melalui alur MERDEKA yang terdiri dari mulai dari diri, eksplorasi kosep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi, koneksi antar materi dan aksi nyata, berikut penjelasannya.

  • Mulai dari diri

Pada bagian mulai diri saya memberi pendapat tentang peran keluarga atau orang tua  dalam mendampingi proses belajar hingga saat ini. Penyampaian refleksi dilakukan melalui beberapa pertanyaan tentang suatu kasus yang menceritakan seseorang yang telah sukses, dan seberapa peran orang tuanya dalam ikut andil dalam keberhasilannya.

  • Eksplorasi Konsep

Pada tahap ini saya mempelajari konsep dasar perpektif sosial, budaya, politik dan ekonomi. Pada eksplorasi konsep topik 2 membahas status sosioekonomi (SES) dalam pembelajaran. Ada peserta didik yang memiliki latar belakang SES menengah ke bawah dan ada peserta didik yang berlatar belakang SES menegah ke atas. Status sosioekonomi peserta didik sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran peserta didik. Menurut penelitian orang tua peserta didik yang berasal dari keluarga yang status sosioekonomi menegah ke atas lebih bisa menjamin keberlangsungan pendidikan anaknya sedangkan keluarga yang berstatus menengah ke bawah lebih kesuliatan dalam menjamin pendidikan anaknya.

  • Ruang Kolaborasi

Setelah mempelajari konsep dasar "perpektif sosial, budaya, politik dan ekonomi" yang berpengaruh pada pendidikan, kami berkolaborasi dengan kelompok kami menganalisis beberapa studi kasus dan merefleksikan Faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam interaksi sosial yang berpengaruh pada kasus tersebut.

  • Demonstrasi Kontekstual

Setelah menyelesaikan tugas secara berkelompok, saya bersama kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok saya. Tiap kelompok memperhatikan kelompok lain yang melakukan presentasi, dan memberikan apresiasi dengan melakukan penilaian juga, penilaian berasal dari rubrik yang telah disediakan. Kami menampilkan materi yang akan kami prsentasikan dengan cara semenarik mungkin.

  •  Elaborasi Pemahaman

Setelah melakukan presentasi pada demonstrasi kontekstual saya menjawab pertanyaan refleksi tentang yang saya bayangkan masalah yang akan dihadapi tentang adanya sosioekonomi, saya berfikir bahwa Pada satu kelas yang berisi beberapa peserta didik yang memiliki latar sosio-ekonomi yang berbeda akan meciptakan suatu kesenjangan sosial, biasanya pada keadaan ini banyak kasus bullying yang terjadi, peserta didik yang berasal dari keluarga menegah ke atas akan merasa dirinya lebih hebat dan membully teman yang berasal dari keluarga menegah ke bawah. Sebagai guru harus mampu memberi pengertian terhadap peserta didiknya untuk saling menghormati semua teman dan tidak boleh saling merendahkan.

  • Koneksi Antar Materi

Pada koneksi antar materi pada topik 2 saya bersama kelompok saya membuat koneksi antar materi topik bahasan  dengan pembelajaran yang sudah, sedang, atau akan Anda pelajari di mata kuliah PPG lainnya. Kami membuat koneksi dalam bentuk visual agar memudahkan kita semua dalam memahami.

  • Aksi Nyata

Pada tahap aksi nyata ini saya membuat sebuah refleksi yang ditulis dalam bentuk blog terkait seluruh angkaian pembelajaran yang telah dilalui berdasarkan alur MERDEKA. pada tahap ini pula saya juga menuliskan mengenai manfaat saya memepelajari materi ini guna mepersiapkan diri saya sebagai seorang guru profesional antara lain memahami latar belakang peserta didik, mengetahui kebutuhan belajar peserta didik, mendukung pembelajaran yang adil dan inklusi, serta membiasakan kegiatan gotong royong antar warga sekolah guna mempererat kebersamaan serta saling sayang antar warga sekolah. Jika saya menilai kesiapan saya terkait menjadi seorang guru saat ini yaitu masih 7 karean tidak ada kata puas dalam belajar, saya masih banyak kekurangan dan juga masih banyak hal yang perlu dibenahi dalam diri saya. Hal yang perlu lakukan lebih lanjut untuk mengoptimalkan kesiapan saya tentunya terus berikhtiyar dalam artian senantiasa berusaha dan berdoa, selain itu berusaha sebaik mungkin untuk mengimplementasikan materi yang telah dipelajari denag kehidupan nyata disekolah sebagai seorang guru.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun