Mohon tunggu...
Farah Dina Khoirunnisa
Farah Dina Khoirunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG UNISSULA 2024

Halo, saya merupakan mahasiswa PPG calon guru bidang studi matematika Univeristas Islam Sultan Agung 2024

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Pencapaian Siswa melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

9 Oktober 2024   19:15 Diperbarui: 9 Oktober 2024   19:30 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peningkatan Pencapaian Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Farah Dina Khoirunnisa, S.Pd. (mahasiswa PPG bagi calon guru bidang studi matematika Universitas Islam Sultan Agung 2024)

Mata kuliah Pembelajaran Berdiferensiasi dengan dosen pengampu Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran di mana guru menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individual setiap siswa sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Kebutuhan siswa dapat berupa pengetahuan yang ada, gaya belajar, minat, dan pemahaman terhadap mata pelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi memberi keleluasaaan dan kemampuan mengakomodasi kebutuhan siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa yang berbeda-beda. 

Melalui pembelajaran berdiferensiasi, guru hendaknya menjadi fasilitator yang berorientasi kepada pemenuhan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga semua siswa dapat berhasil sesuai dengan kapasitas yang dimiliki siswa.

Pada saat menyajikan materi pembelajaran, guru menyesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan siswa. Siswa akan merasa lebih mampu menguasai konten pembelajaran dan merasa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. 

Melalui pembelajaran berdiferensiasi, guru dapat menciptakan kesetaraan belajar bagi semua siswa dan menjembatani kesenjangan belajar antara yang berprestasi dengan yang tidak berprestasi sehingga dalam proses pembelajaran siswa merasa tertantang untuk belajar. Oleh karena itu, pencapaian keberhasilan siswa dalam belajar dapat meningkat.

Pembelajaran berdiferensiasai memberikan kesempatan kepada siswa untuk berprestasi sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan mereka sendiri. Hal ini dapat meningkatkan self-esteem siswa, dikarenakan mereka merasa diakui dan dihargai untuk pencapaian mereka tanpa dibandingkan secara langsung dengan siswa lain.

 Dengan demikian, melalui pembelajaran berdiferensiasi, setiap siswa diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi mereka sehingga siswa dapat mencapai keberhasilan belajar dengan meningkat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun