Kita sadar atau tidak, setiap perusahaan memiliki wajah yang selalu diingat oleh pelanggan. Tak hanya nama tapi tampilan yang khas dan mewakili perusahaan. Semakin bagus tampilannya semakin mudah orang mengenal dan menyukainnya. Tampilan wajah perusahaan itu tidak lain adalah logo perusahaan kita. Logo akan tampil diberbagai publikasi perusahaan kita sebagai identitas utama serta dalam berbagai event yang kita sponsori. Logo bertugas mewakili spirit dan secara keseluruhan bisnis kita kepada pelanggan. Lihatlah logo Nike, McDonald, Intel, Pertamina ataupun yang lain seolah-olah kita bisa melihat bisnisnya. Nike dengan sepatu cepatnya, McDonald dengan makanan cepat sajinya, intel dengan performa procesornya dan pertamina dengan minyaknya. Logo juga sangat berperan dalam mengenalkan bisnis kita agar mudah dikenali dalam persaingan bisnis yang sangat ketat. Bila kita berpergian, lihatlah disepanjang jalan maka kita akan dapatkan ratusan hingga ribuan logo perusahaan yang siap merebut ruang di otak kita. Selayaknya wajah, kita sering mengingat yang menarik perhatian kita. Logo yang bagus tentu tak mudah untuk membuatnya, butuh pendalaman visi misi dan karakter perusahaan, riset konsumen dan mencari bentuk yang khas dan mewakili perusahaan dan selanjutnya proses desain dan penyesuaiannya hingga benar-benar mewakili perusahaan. Tahap berikutnya penerapan pada berbagai media yang lain, terutama pada stasionary dan publikasi lainnya. Jadi karena logo menjadi wajah perusahaan kita, maka layaklah kita memikirkan logo perusahaan kita agar tampak bagus dan bisa mewakili perusahaan kita pada saat ini ataupun masa depan. Bagaimana menurut anda? sudahkan logo perusahaan anda menarik hingga mudah diingat pelanggan?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H