Mohon tunggu...
Perutu Yonto
Perutu Yonto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengajar

Pengajar dan Pedagan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Filter Air Menolong Ibu Rumah Tangga

20 November 2023   12:32 Diperbarui: 20 November 2023   12:57 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filter Air Menolong Ibu Rumah Tangga (Sumber: www.lazada.co.id)

Pekerjaan rumah adalah pekerjaan rutin yang tidak dapat dihindari khususnya oleh para ibu rumah tangga yang kesehariannya melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, membersihkan kamar mandi, wastafel, kitchen sink dan beberapa peralatan rumah tangga yang gampang menguning karena unsur logam dang terkandung di dalam air seperti besi (Fe), mangan (Mn),

 alumunium (Al), atau logam berbahaya lainnya. Hal ini juga saya alami meskipun saya pria, tetapi saya belum menikah sehingga harus melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri. enam tahun lalu saya sempat menaiki dudukan toren air yaitu di tahun 2017, bermaksud membersihkan toren air dan berharap air di kamar mandi serta penampung air tidak lagi kuning tetapi di sisi lain ada hal

 yang mengganggu pikiran saya. Pikirannya seperti ini, "yang saya bersihkan adalah toren yang mengalirkan air ke seluruh kamar mandi dan kitchen sink dan aliran lainnya di mana penampung airnya menerima air yang dialirkan melalui toren" jadi logikanya, membersihkan toren bukan menghentikan air yang mengandung logam yang membuat pekerjaan rumah berkurang. Selama saluran

 air tanah yang masuk ke toren tidak disaring, maka air yang dialurkan ke seluruh aliran air di rumah tetap terus kotor dalam waktu yang singka meskipun dibersihkan berulang-ulang. Pengalaman saya setelah penampung air dibersihkan, hanya kurang lebih bertahan tiga sampai empat hari yaitu tepatnya di wilayah kabupaten Bekasi. Hal ini terus mengganggu pikiran saya semenjak

 mebersihkan toren air enam tahun lalu dan saat yang bersamaan saya terus memikirkan solusinya yang bagi say aitu sulit untuk membuat filter sendiri dari tanah, pasir, dan arang. Jadi solusi yang saya pikirkan adalah bagaimana setiap air yang masuk ke toren harus terlebih dahulu disaring dan tidak mungkin untuk meletakan wadah yang berisi tanah, pasir, dan arang yang pasti menambah beban untuk bergelantungan di pipa saluran air yang masuk ke toren.

Akhirnya filter air yang saya gumuli mendapat jawaban ketika saya penasaran apakah filter air yang masuk ke toren diproduksi atau tidak dan ternyata ada filter untuk air yang masuk ke toren dan alat itu saya temukan di salah satu bazar bangunan di Bekasi tepatnya dekat stasiun Bulan Bulan. Saya mulai betranya kepada sala satu pegawainya seperti ini: "Mba apakah ada alat untuk menyaring air

 yang masuk ke toren supaya airnya tidak banyak mengandung logam yang membuat kuning kamar mandi?", lalu saya diantarkan ke rak yang berisi banyak macam jenis filter dan akhirnya saya menemukan alat yang sesuai pikiran saya untuk mencega air yang cepat membuat peralatan kamar mandi dan sejenisnya menguning. Awal November 2023 saya memasang filter tersebut dan sekitar satu

 minggu ini air yang ditampung di penampung air sudah mulai kelihatan berkurang kuninya. Dari pengalaman ini saya menyimpulkan bahwa filter air dapat meringankan pekerjaan ibu rumah tangga yang berkaitan dengan air.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun