Mohon tunggu...
perdiansyah perdiansyah
perdiansyah perdiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa di Universitas Teknologi Digital Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Strategi Operasional Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif pada Konveksi Alif Fajri Bandung di Era Digital

14 Juni 2024   12:00 Diperbarui: 14 Juni 2024   12:26 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Beberapa studi literatur yang dilakukan untuk menganalisis starategi operasional perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif di era digital.

A. Strategis

Merupakan tindakan atau cara yang telah didiskusikan sebelumnya oleh perusahaan yang sering kali melibatkan perencanaan, pengaturan, dan pengalokasian sumber daya untuk mencapai target atau tujuan tertentu dengan kemampuan sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

B. Operasional

Strategi operasional adalah pendekatan yang konsisten pada strategi organisasi dan digunakan sebagai alat untuk mengatur fungsi operasional perusahaan. Strategi operasional dapat memberi pengaruh besar pada kompetitif perusahaan jika diatur dengan baik. Jika ingin pelaksanaan efektif, perusahaan perlu untuk menghubungkan strategi operasional dengan strategi organisasi.

C. Manajemen Operasional

Manajemen operasional memiliki tugas untuk mengatur seluruh sumber daya dimiliki perusahaan, seperti bahan baku, karyawan, dan perlengkapan lainnya serta memastikan seluruh proses produksi berjalan efisien dan efektif. Lalu manajemen operasional bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, meningkatkan produktivitas perusahaan, meningkatkan kualitas perusahaan, dan mengontrol waktu proses produksi seminimal mungkin.

D. Manajemen Persediaan

Adalah proses perencanaan dan pengendalian semua barang yang dimiliki oleh perusahaan pada setiap tahapan rantai pasokan mulai dari bahan mentah hinggap menjadi produk jadi yang tujuannya adalah untuk memastikan ketersediaan persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan distributor, sekaligus menghindari kelebihan stok yang dapat menyebabkan biaya penyimpanan yang tinggi atau penurunan nilai produk.

E. Manajemen Rantai Pasokan

Ada sebuah cara yang digunakan untuk mengelola, mengawasi, dan mengendalikan proses kebutuhan operasional mulai dari pengadaan, persediaan, hingga pengiriman produk, dengan memerhatikan ketepatan waktu, lokasi, biaya yang sedikit, dan jumlah produk yang akan dihasilkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun