Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah dua proses yang saling terkait namun memiliki karakteristik yang berbeda. Di dalam konteks ini, perkembangan psikomotorik merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah penjelasan tentang pertumbuhan, perkembangan, dan perkembangan psikomotorik.
Pertumbuhan
Pertumbuhan manusia berupa perubahan fisik yang dapat kita ukur melalui angka. Pertumbuhan ini melibatkan perubahan dalam ukuran, tinggi, berat, serta perkembang organ tubuh. Di sisi lain, ada juga aspek perkembangan kognitif, emosional, dan social yang berhubungan erat dengan proses belajar dan kemampuan akademik.
Teori Modern mengenai Pertumbuhan dalam Pendidikan
Konsep Kecerdasan Majemuk (Howard Gardner)
Teori kecerdasan majemuk menantang pandangan tradisional yang menyamakan kecerdasan dengan kemampuan logika dan matematika semata. Gardner meyakini bahwa setiap individu memiliki kombinasi unik dari berbagai jenis kecerdasan, dan sistem pendidikan harus mengakui serta mengembangkan kecerdasan-kecerdasan tersebut. Teori ini menunjukkan bahwa setiap orang memiliki sembilan kecerdasan yaitu linguistik, logis-matematis, spasial, kinestetik-tubuh, musik, antarpribadi, intrapersonal, naturalis, dan eksistensial.
Teori Konstruktivisme
Teori konstruktivisme, yang diadvokasi oleh Piaget dan Vygotsky, menggarisbawahi bahwa pembelajaran melibatkan partisipasi aktif siswa dalam membangun pengetahuan mereka sendiri dengan melalui pengalaman dan interaksi.
Adapun faktor yang mempengaruhi pertumbuhan yaitu faktor Biologis, Faktor Lingkungan, faktor psikologis, faktor budaya, dan faktor emosional. Secara keseluruhan, pertumbuhan individu dipengaruhi oleh interaksi kompleks antara berbagai faktor ini. Memahami pengaruh masing-masing faktor sangat penting untuk merancang intervensi yang tepat dalam mendukung perkembangan optimal anak atau individu secara keseluruhan.
Menurut Libert, Paulus dan Stauss (Singgih, 1990 : 3) Menjelaskan Bahwa arti dari Perkembangan yaitu, Perkembangan adalah Proses Perubahan dalam Pertumbuhan pada suatu waktu sebagai Fungsi Kematangan dan Interaksi dengan Lingkungan. Proses pematangan dari sel -- sel tubuh menuju kedewasaan disebut dengan perkembangan. Dimulai dari kematangan fisik, perubahan kecakapan, emosi dan pikiran menuju kedewasaan. Perkembangan tidak dapat diukur dengan angka seperti pertumbuhan yang dapat diukur dengan angka.