Mohon tunggu...
PERAWATI
PERAWATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

hobi saya adalah memasak dan menonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memahami Tentang Pertumbuhan, Perkembangan, dan Perkembangan Psikomotorik

7 November 2024   21:13 Diperbarui: 7 November 2024   21:31 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah dua proses yang saling terkait namun memiliki karakteristik yang berbeda. Di dalam konteks ini, perkembangan psikomotorik merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Berikut adalah penjelasan tentang pertumbuhan, perkembangan, dan perkembangan psikomotorik.

Pertumbuhan

Pertumbuhan manusia berupa perubahan fisik yang dapat kita ukur melalui angka. Pertumbuhan ini melibatkan perubahan dalam ukuran, tinggi, berat, serta perkembang organ tubuh. Di sisi lain, ada juga aspek perkembangan kognitif, emosional, dan social yang berhubungan erat dengan proses belajar dan kemampuan akademik.

Teori Modern mengenai Pertumbuhan dalam Pendidikan

Konsep Kecerdasan Majemuk (Howard Gardner)

Teori kecerdasan majemuk menantang pandangan tradisional yang menyamakan kecerdasan dengan kemampuan logika dan matematika semata. Gardner meyakini bahwa setiap individu memiliki kombinasi unik dari berbagai jenis kecerdasan, dan sistem pendidikan harus mengakui serta mengembangkan kecerdasan-kecerdasan tersebut. Teori ini menunjukkan bahwa setiap orang memiliki sembilan kecerdasan yaitu linguistik, logis-matematis, spasial, kinestetik-tubuh, musik, antarpribadi, intrapersonal, naturalis, dan eksistensial.

Teori Konstruktivisme

Teori konstruktivisme, yang diadvokasi oleh Piaget dan Vygotsky, menggarisbawahi bahwa pembelajaran melibatkan partisipasi aktif siswa dalam membangun pengetahuan mereka sendiri dengan melalui pengalaman dan interaksi.

Adapun faktor yang mempengaruhi pertumbuhan yaitu faktor Biologis, Faktor Lingkungan, faktor psikologis, faktor budaya, dan faktor emosional. Secara keseluruhan, pertumbuhan individu dipengaruhi oleh interaksi kompleks antara berbagai faktor ini. Memahami pengaruh masing-masing faktor sangat penting untuk merancang intervensi yang tepat dalam mendukung perkembangan optimal anak atau individu secara keseluruhan.

Perkembangan

Menurut Libert, Paulus dan Stauss (Singgih, 1990 : 3) Menjelaskan Bahwa arti dari Perkembangan yaitu, Perkembangan adalah Proses Perubahan dalam Pertumbuhan pada suatu waktu sebagai Fungsi Kematangan dan Interaksi dengan Lingkungan. Proses pematangan dari sel -- sel tubuh menuju kedewasaan disebut dengan perkembangan. Dimulai dari kematangan fisik, perubahan kecakapan, emosi dan pikiran menuju kedewasaan. Perkembangan tidak dapat diukur dengan angka seperti pertumbuhan yang dapat diukur dengan angka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun