Mohon tunggu...
Tebe Tebe
Tebe Tebe Mohon Tunggu... lainnya -

"Hidup itu....Tuhan yang menentukan. Kita yang menjalaninya. Dan orang lain yang mengomentari (kepo)." (tebe)

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

(Bedah Cerpen Kompas) Aku, Pembunuh Munir

1 Januari 2014   18:07 Diperbarui: 24 Juni 2015   03:16 1608
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Bedah Cerpen Kompas) Aku, Pembunuh Munir

[caption id="attachment_312923" align="aligncenter" width="628" caption="ilustrasi: www.facebook.com/Cerpen Kompas"][/caption]

Kali ini saya mencoba membuat sebuah artikel yang berbeda seperti biasanya. Semoga untuk artikel yang satu ini, saya bisa melakukannya setiap seminggu sekali. Yakni, membuat artikel membedah sebuah Cerpen Kompas Mingguan. Dan untuk edisi perdana di awal Tahun Baru 2014 ini saya akan mencoba membedah Cerpen berjudul “Aku, Pembunuh Munir” karya Seno Gumira Adjidarma tanggal 29 Desember 2013. Semoga bisa diambil manfa’atnya dan menambah wawasan khazanah kesusastraan kita semua.

Rembulan merah hutan terbakar

Sungai berasap terpanggang bumi

Siapa dia menghirup mawar

Darahnya menetes bersama sunyi

(Paragraf Kesebelas-Aku, Pembunuh Munir)

Tidak seperti biasanya cerpen-cerpen yang dihasilkan oleh Seno Gumira Adjidarma a.k.a SGA selalu vokal dalam permainan dialog yang dinamis serta memikat setiap cerpen yang dibuatnya. Tetapi untuk yang satu ini, cerpen yang berjudul “Aku, Pembunuh Munir” saya yang membacanya sangat minim sekali dialog.

Kalau pun ada itu sangat sedikit sekali dialog dalam cerpen itu. Itu juga hanya dialog seorang diri. Semacam gumaman tokoh “aku” dalam cerpen itu. Bukan dialog antara tokoh “aku” dan orang kedua maupun ketiga seperti kebanyakan cerpen-cerpen lainnya. Pun dengan cerpen yang dihasilkan oleh cerpenis dosen Sastra dan Budaya UI ini. Selalu vokal dengan dialog-dialog yang ada di dalam cerpennya.

Rembulan menghitam di langit malam

Lelawa terjatuh dari pegangan

Dingin angina menebarkan dendam

Bisikan maut menjelma kutukan

(Paragraf Keduapuluhdua-Aku, Pembunuh Munir)

Dalam cerpen ini SGA mengambil tema atau mengetemakan tentang sebuah peristiwa perjalanan atau pembunuhan Munir. Seorang aktivis Komnas HAM. Dalam cerpen itu SGA begitu detail dan cermat memberikan sebuah data-data dan fakta. Walau sebenarnya ini adalah cerpen. Sebuah karya fiksi yang sekali duduk harus langsung habis begitu kata Edgar Allan Poe.

Tetapi ketika diselami lebih lanjut cerpen itu seakan-akan seperti sebuah kisah nyata yang dibungkus fiksi. Atau, yang dikenal dengan istilah faksi (fakta fiksi) setelah karya fiksi dan non fiksi. Dan untuk ini termasuk faksi. Sebab, kenapa? Cerpen ini begitu runut meng-eksplor setiap kejadian dan kejadian, dari satu peristiwa ke peristiwa, dalam hal ini bagaimana pembunuhan terhadap aktivis berkumis tebal itu terbunuh. Sungguh sangat manis sekali diolahnya.

Tidak seperti kebanyakan cerpen-cerpen yang dihasilkan oleh cerpenis, dikenal dengan cerpennya “Legenda Wongasu” ini penuh sentimentil dan romantis. Namun untuk cerpen ini? Hmm, tidak ada kata-kata “sepotong senja” atau “rembulan dalam amplop” maupun “ melipat rindu”. Tidak ada aroma sentimentil apalagi romantis. Tetapi yang ada berbau sebuah pengungakapan, ala-ala dektektif.

Rembulan menjadi arang berhamburan

Langit kosong tergelar menghapus bintang

Ada tikus celingak-celinguk dalam selokan

Seruling dangdut pengemis bergoyang

(Paragraf keempatpuluhtiga- Aku, Pembunuh Munir)

Biasanya cerpen-cerpen yang dihasilkan SGA selalu menggunakan tokoh cerpen menggunakan orang ketiga. Alias, menggunakan nama tokoh. Seperti tokoh yang selalu menjadi “indentitas” kekhas-annya dalam cerpen-cerpennya. Selalu menggunakan nama tokoh “Sukab” sebagai sudut pandang penceritaan dalam cerpennya. Walaupun ada nama tokoh itu “Sukab” di dalam cerpen ini hanya sebagai tempelan saja. Atau, memberitahukan kalau “Sukab” setiap cerpen-cerpen selalu hadir. Walau sekecil apapun selalu “hadir” jika memakai tokoh “aku” berjenis kelamin laki-laki.

Untuk itulah cerpen ini hanya menyelipkan atau menempelkan “Sukab” sebagai tokoh Pak Lik alias Rambut Geni alias Pak Pandir. Hmm, “Sukab” ternyata tidak jauh-jauh dari seorang cerpenis macam SGA.

Tetapi untuk cerpen ini memakai sudut pandang orang pertama tokoh “aku”. Dalam sudut pandang orang pertama dalam cerpen ini SGA begitu sangat lihai dan mahir serta enak dibaca karena narasi yang dihasilkan dalam cerpen ini begitu memikat saya. Benar-benar saya terhanyut dalam narasi cerpen itu.

Apalagi dalam cerpen ini, cerpenis yang selalu menjadi “langganan” dalam kumpulan cerpen pilihan/terbaik Kompas membubuhi beberapa penggalan pantun untuk mengharmonisasikan narasi yang dibuatnya. Dan itu benar-benar berhasil membuat saya terpukau dibuatnya. Seperti saya kutip dan penggal dalam artikel bedah cerpen ini. Tidak seperti biasanya atau juga jarang sekali SGA menyelipkan pantun setiap cerpen-cerpennya. Lain hal dengan cerpen berjudul “Aku, Pembunuh Munir”.

Namun walaupun SGA adalah penulis senior sekalipun dalam dunia kesusastraan dan dunia tulis menulis. Tentu saja ada sedikit kelemahan dalam cerpen ini. Bukankah di muka bumi tidak ada yang selalu sempurna? Halnya menghasilkan karya fiksi. Salah satunya cerpen berjudul “Aku, Pembunuh Munir” ini. Cerpen ini begitu membosankan dari awal maupun akhir ketika dibaca. Saya membaca cerpen ini pun seperti habis dikejar pocong bencong. Saya ngos-ngosan setelah membaca cerpen ini. Bukan itu saja terlalu bertele-tele.

Tapi keistimewaan cerpen ini adalah narasi yang dihasilkan begitu memikat dan memakau saya. Ditambah dengan “menempelkan” penggalan-penggalan pantun yang begitu mengharmonisasikan cerpen ini. Serta ditambah cerpen ini dikemas dalam bentuk karya faksi (fakta dan fiksi) jadi setidaknya saya sebagai pembaca mengetahui bagaimana tema cerpen ini terjadi. Ditulis dengan data-data dan fakta yang lagi-lagi menambah wawasan dan pengetahuan bagi yang tidak tahu kejadian atau peristiwa dalam pembunuhan seorang aktivis HAM, Munir. Sungguh benar-benar cerpen yang berbeda dari seperti biasa ditulis oleh seorang SGA. Salut saya dibuat.

Oya, cerpen ini bisa saya kategori semacam cerpen jurnalistik? Kenapa saya katakana demikian? Ikuti saja selanjutnya tulisan saya nanti yang akan mengupas secara dalam tentang apa cerpen jurnalistik itu? Keep stay stuned!

Awal Tahun,01012014

#AYTKTM: Apa Yang Terjadi Kami Tetap Menuli#

SELAMAT TAHUN BARU 2014

Semoga Kesuksesan Menyertai Anda Semua

===================================================================

AKU, PEMBUNUH MUNIR

Oleh Seno Gumira Ajidarma

Aku adalah anjing kurap, karena itu aku membunuh Munir.

Tentu, tentu aku tidak membunuhnya dengan tanganku sendiri. Untuk apa? Aku bisa membunuhnya melalui tangan orang lain, sama seperti yang biasa kulakukan kepada orang-orang lain bilamana perlu.

Dikau tidak akan pernah tahu siapa diriku. Bukan karena aku berseragam, sama sekali bukan. Ini bukanlah soal berseragam atau tidak berseragam, karena membunuh atau tidak membunuh Munir tidak ada hubungannya dengan seragam.

Dirimu dan siapapun di dunia ini memang tidak perlu tahu siapa diriku sebenarnya. Bukan, bukan karena aku seorang pengecut, tidak ada pengecut yang selalu menantang bahaya seperti aku. Namun, taklebih dan takkurang, karena siapakah adanya diriku ini, ya, sekali lagi si-a-pa, memang sama sekali tidak penting.

Sudah kubilang tadi: aku adalah anjing kurap, jika bukan, aku tidak akan membunuh Munir. Jangan, jangan keburu marah. Aku toh mengatakan di-ri-ku yang membunuh Munir, bukan Tuhan yang membunuhnya melalui diriku, bukan. Jangan marah. Aku tidak mengatakan sudah kodrat Tuhan bahwa Munir harus mati melalui diriku. Tidak. Kalau caranya begitu aku tidak usah dicari-cari dong! Aku juga tidak membela diri dengan mengatakan diriku gelap mata, kerasukan setan, atau segala macam. Tidak. Sekali lagi tidak. Aku membunuhnya dengan penuh kesadaran.

Jadi tentang siapa yang membunuh Munir tidaklah perlu dipertanyakan lagi. Gamblang, tanpa keraguan, Munir mati diracun, bahkan angka-angkanya tertera dengan tepat: 83% Arsenik 3 dan 17% Arsenik 5. Konsentrasi Arsenik 3 sebanyak 0,460 miligram per liter itu menyebabkan blokade reaksi detoksifikasi, ya, lantas terjadi penekanan ekskresi arsenik melalui ginjal.

Ya, Munir mati dibunuh, artinya ada pembunuhnya. Ada. Sekali lagi ada. Munir tidak mati tanpa ada yang membunuhnya. Adapun pembunuhnya, artinya orang yang memikirkan, merencanakan, dan akhirnya menggalang usaha agar kematian Munir menjadi nyata, adalah aku dan hanya diriku. Begitu penting adanya aku, sehingga tanpa kelahiranku tidak ada kematian Munir.

Oalah, Munir, Munir, maksud hati melanjutkan kuliah di Utrecht, Belanda, dengan tesis tentang penghilangan paksa sebagai pilihan politik rezim militer, dari tahun 1965 sampai 1998, kok malah hilang sendiri.

Ya, sejak tahun 1998 itulah kamu telah menantangku. Kamu bongkar kenyataan adanya orang hilang, kamu dorong mereka yang telah dilepaskan untuk bicara, setelah susah dan payah dilakukan intimidasi terhadap para aktivis ingusan itu. Huh! Memang beberapa di antaranya salah culik. Dasar amatir! Tapi ya tidak usah dibongkar-bongkar dong! Eh, nyap-nyap! Asal tahu saja Munir, bukan aku, tapi kamulah yang membuatku memutuskan agar sisanya hilang selama-lamanya.

Ya, aku membunuh Munir, artinya akulah yang merencanakan agar riwayat hidup manusia yang dimulai dari tanggal 8 Desember 1965 di Malang itu bisa segera ditamatkan dan ternyata berhasil pada hari Selasa 7 September 2004 di udara, dalam pesawat Garuda, 40.000 kaki di atas tanah Rumania.

Memang, aku tidak dengan tepat akan mengetahui bahwa berdasarkan analisis rasio konsentrasi Arsenik 3 dan 5, ataupun berdasarkan simulasi farmakologi kinetik konsentrasi arsen di dalam darah, arsenik itu akan perlu waktu 8 sampai 9 jam untuk membunuh Munir. Tidak akan dan tidak perlu—yang penting dia mati dan tidak bekoar lagi.

Tentu, ketika merencanakan agar orang kecil berkumis lebat yang sangat menjengkelkan ini koit, aku tidak merencanakannya sampai serinci itu. Jika aku tahu orang-orang Belanda busuk itu akan memergoki adanya arsen atawa racun dalam lambung, darah, dan air kencingnya , mungkin aku akan merencanakan cara pembunuhan yang lain. Tembak jarak jauh barangkali, tabrak dengan mobil, atau santet – ya, kami, kelompok yang melaksanakan proyek ”peng-kondisi-an” Munir, pernah membicarakan ilmu Harry Potter ini, bahkan menghubungi sejumlah tukang santet, tetapi rencana yang satu ini tidak pernah terlaksana. Dasar tukang kibul semua!

rembulan merah hutan terbakar

sungai berasap terpanggang bumi

siapa dia menghirup mawar

darahnya menetes bersama sunyi

Ya, kuakui dengan terus terang akulah yang membunuh Munir, tetapi tidaklah penting aku ini siapa.

Seperti semua orang aku juga dilahirkan seorang ibu. Aku tidak lahir dari pohon, tidak juga dari batu. Aku mohon percayalah, tidak sekalipun ibuku, yang sama mulianya dengan ibu manapun di dunia ini, akan pernah mengatakan bahwa membunuh itu baik. Ibuku mencintai ayahku, ibuku melahirkan aku, menyusui diriku, merawat, mengasuh, dan dengan penuh kasih sayang membesarkan diriku, dan setelah besar aku membunuh Munir.

Mungkinkah ini terjadi pada manusia? Mungkin iya, mungkin mestinya tidak, tetapi janganlah bertanya kepadaku, karena seperti telah kukatakan, aku adalah anjing kurap dan hanyalah karena aku anjing kurap maka aku membunuh Munir.

Jangan, janganlah kepada diriku dikau bertanya tentang pembunuhan Munir sebagai pembunuhan politik, karena bahkan dalam hati kecilku pun kuingkari kejadiannya sebagai pembunuhan politik. Dengan atau tanpa politik aku memang sudah lama empet terhadap Munir. Memang betul, sudah pasti itu bukan pembunuhan kriminal dan hanya pembunuhan politik yang membenarkan pembunuhan orang kecil yang tidak sudi digertak itu, tetapi apakah dengan begitu lantas pembunuhan itu menjadi sahih?

Tentu, tentu, tentu, tentu saja tidak. Munir memang menjengkelkan dan mengkhawatirkan semua orang, tetapi politik adalah sebuah permainan dan permainan itu ada seninya. Jika ingin membungkam dan menghentikan Munir, seni itulah yang dimainkan dan itulah yang semestinya dilakukan dalam politik. Ngomong di sana dan ngomong di sini, ngomong begini dan ngomong begitu. Jujur maupun licik, lugu maupun pura-pura lugu, tipu daya macam apapun sahih, selama tidak melanggar hukum dan dikau bisa berpikir sendiri apakah pembunuhan dengan cara seperti itu melanggar atau tidak melanggar hukum.

Betapapun, di antara semua orang yang akan kebakaran jenggot itu tidak ada seorang pun yang berpikir, merencanakan, menggalang, dan melaksanakan pembunuhan seperti diriku. Hanya satu orang yang melakukan semua itu, yakni aku dan tiada lain selain aku—tentu dengan sejumlah pembantu yang goblok. Maafkan bahasaku ini. Memang goblok. Aku pun mesti ngibul supaya kelompokku ini bisa bekerja. Ya, kelompok orang-orang bego yang tidak bisa membedakan antara terpaksa membunuh demi bela diri, bela negara, dan pembunuhan politik. Buat mereka cukuplah diberi alasan bahwa Munir harus mati sebelum pemilihan presiden, dan sungguh mati itu hanyalah omong kosong sahaja. Munir mati atau tidak mati tidak akan mempengaruhi jalannya pemilihan presiden sama sekali.

Kukira, ya kukira, mereka terbawa angan-angan yang dibawa film detektif, bahwa kerja intelijen itu kok rasanya kurang afdol tanpa menumpahkan darah, dan tentu saja itu salah. Mereka yang menjalani kerja intelijen tahu benar, lain film lain pula kenyataan—aku memang bukan kritikus film, tetapi terbukti orang-orang bodoh ini bersemangat membuatnya jadi nyata, seperti dalam film detektif, dengan penuh seluk-beluk meracuni Munir. Terimakasih Hollywood!

Dikau tentu terkejut dengan pengakuan saksi kepada polisi yang telah dicabut itu, pengakuan yang disampaikan tanpa paksaan sama sekali. Ya, dicabut, tapi sudah terlanjur dikatakan, yang meskipun dengan segala kekonyolan sahih saja menurut hukum, sebagai pengakuan yang telah dituliskan takpernah dapat ditarik kembali. Sudah tertulis. Dengan aksara dan bahasa yang telah disepakati bangsa. Tercetak, diperbanyak, dan beredar. Mengendap selamanya dalam catatan sejarah.

Ya, jika dikau cukup berbudaya, dikau akan merasakan sesuatu yang kurang sepantasnya ketika mengetahui betapa racun itu sudah diujikan kepada seekor kucing! Kalimatnya tertulis dengan jelas: ”Dikasih ke ikan asin, dimakan kucing, kucingnya mati!” Dilanjutkan sebuah pesan: … racun ini tidak boleh kena orang lain selain Munir.

Ya, diucapkan seolah-olah merupakan perbuatan yang baik.

Ya, memang, betul, tentu saja, takbisa lain, bahwa banyak yang senang, bahkan sungguh-sungguh bahagia, tanpa pernah merasa perlu berterus terang, dengan kematian Munir. Itulah mereka yang ikut teruntungkan, karena kepentingannya yang terselamatkan. Kepentingan apa? Entahlah, tapi sudah pasti berbau busuk, dan mereka tahu bahwa Munir telah mengendusnya. Dasar maling. Ya, maling, yang pekerjaannya mengendap-endap dan mencuri tanpa pernah dipergoki orang. Sekali kepergok, bukannya merasa bersalah, malah menyalahkan orang yang memergokinya. Dasar logika aneh! Namun dari semua keajaiban itu, tidak ada seorang pun yang berpikir seperti aku, bahwa karena aku anjing kurap, maka aku membunuh Munir

rembulan menghitam di langit malam

lelawa terjatuh tiada pegangan

dingin angin menebarkan dendam

bisikan maut menjelma kutukan

Dikau masih bertanya-tanya siapakah kiranya aku, yang tanpa kunyana meskipun tak akan dikenal tetap saja terkutuk dalam sejarah, karena dalam kenyataannya Munir terpuja sebagai pahlawan. Hmmm. Bukan, sama sekali bukan karena aku takut ditangkap dan dieksekusi seperti Ceausescu, dikeroyok beramai-ramai seperti Gaddafi, atau digantung dengan kepala di bawah dan menjadi tontonan seperti Mussolini. Sama sekali bukan. Jika tadi kukatakan betapa seperti dirimu pun aku punya seorang ibu, dan karena itu dapat diandaikan setidak-tidaknya pernah mengenal apa itu kasih sayang, ya, kasih sayang terhadap kucing, kambing (meski tega menyembelihnya), monyet, lutung, siamang, orangutan maupun orang biasa, dapat kukatakan diriku pun mempunyai keluarga, anak-istri, yang dengan sangat menyesal harus kusampaikan takmengenal dan tak akan pernah mengenal siapa diriku sebenarnya.

Begitulah, apa boleh buat, istriku terlanjur mengenalku sebagai suami yang meskipun barangkali tidak terlalu baik barangkali juga tidak terlalu buruk. Bersikap baik kepada mertua, menghormati segenap keluarga besarnya, bahkan melakukan sembah-sungkem kepada para sesepuh setiap hari Lebaran ketika mereka masih hidup. Anak-anak takbisa tidak juga hanya akan mengenalku sebagai ayah yang baik, meski takharus terbaik, karena terus terang diriku ini tidak terlalu berbakat menunjukkan kasih sayang. Hmmm. Betapapun, percayalah, aku tidak akan bisa membunuh bayi. Apakah itu berarti aku sebenarnya mempunyai hati yang cukup baik? Mungkin. Kenapa tidak? Tidak seperti perempuan-perempuan yang takpunya hati itu, aku tidak akan membuang bayi ke dalam tong sampah.

Yah, jelek-jelek aku masih punya sedikit hati nurani. Aku memilih untuk meracuni Munir sebenarnya bukanlah karena aku ini orang yang kejam. Meracuni adalah satu dari tiga pilihan, yakni menaruh bom dalam mobil, menyantet, dan meracuni itu sendiri.

Untuk yang pertama, ahli bomnya terlalu banyak meminta jaminan, hehe, enak bener ya, sudah meledakkan mobil orang (ya, waktu itu Munir baru saja membeli mobil bekas, dasar kismin) masih minta perlindungan; yang, kedua, sudah kubilang tukang-tukang santetnya kebanyakan alasan, katanya Munir dilindungi keris segala; yang ketiga, menggunakan racun, memang paling mungkin dijalankan.

Teror bom yang manapun pelakunya langsung tertangkap, santet manapun juga sering terlacak kembali (setidaknya begitulah dalam dongeng) oleh dukun lain yang lebih sakti, sedangkan racun ini, terbukti, meski sudah jelas Munir diracuni, belum jelas racun itu datang melalui jus jeruk, mie goreng, atau minuman dari Coffee Bean. Tidak berbau, tidak berasa, kelarutannya cukup besar, bila dicampur makanan atau minuman tidak akan menghilangkan rasa atau mengubah warna—kecuali bau bawang putih kalau dia nanti muntah dan ke WC, ketika arsenik bercampur protein. Bawang putih? Nah! Itu mah bau orang kampung kalau masuk angin. Hehehehe. Lumayan canggih bukan?

Tentu hanya diriku yang tahu bagaimana semua itu akan dan telah berlangsung. Memang ada juga yang berlangsung di luar perhitungan. Ya, ya, ya, sama sekali di luar perhitungan. (Lagi-lagi amatir!). Sehingga terjadilah kegemparan yang berlanjut dengan drama pengadilan. Drama, ya, drama dalam dua pengertian: dapat disebut drama karena memenuhi persyaratan dramatik dalam seni pertunjukan; dan bisa disebut drama karena penuh dengan kepura-puraan, bersandiwara dalam kehidupan sebenarnya.

Tidak percaya? Ikutilah kutipan percakapan jaksa dengan saksi yang sudah beredar luas ini:

”Pernahkah Saudara bekerja di (sensor oleh pengarang) ?”

”Lupa saya.” (pengunjung tertawa).

”Baik, saya akan membacakan BAP Saudara. Penyidik bertanya, ’Apakah Saudara mengenal Munir? Bila iya kapan dan di mana?’ Jawaban Saudara, ’Saya kenal dengan Munir tahun 1996 waktu saya sering mengikuti diskusi di kantor KontraS membahas dwifungsi ABRI dan rezim Orde Baru.’ Betul seperti itu?

”Betul.”

”Kemudian, ’Sejauh mana yang Anda tahu tentang rencana pembunuhan terhadap Munir?’ Jawaban Saudara, ’Saya mengetahui rencana pembunuhan itu karena saya pernah disuruh melakukan pembunuhan terhadap Munir.’ Betul?”

”Betul.”

”Kemudian Anda juga mengatakan bahwa yang menyuruh Anda untuk melakukan pembunuhan terhadap Munir adalah Bapak Sukab alias Pak Lik alias Rambut Geni alias Pak Pandir. Betul?”

”Betul.”

”Anda juga mengatakan bahwa Bapak Sukab alias Pak Lik alias Rambut Geni alias Pak Pandir adalah agen muda (sensor oleh pengarang) dengan golongan IIIb pada Direktorat 007 Deputi II. Betul?”

Doi diam sejenak, lalu menjawab, ”Tidak tahu, saya lupa, Pak.”

”Lupa? Oke, sekarang pertanyaan nomor 9: ’Darimana Saudara tahu Pak Sukab adalah anggota (sensor oleh pengarang)? Saya mengetahui Pak Sukab agen (sensor oleh pengarang) dari ruang kerjanya di gedung X Direktorat 007 Lantai 2. Di mobil Pak Sukab terdapat stiker (sensor oleh pengarang). Dia juga memiliki kartu tanda anggota (sensor oleh pengarang).’ Betul?”

”Lupa saya, Pak.”

Nah, aku tidak terlalu keliru bukan? Bahwa percakapan semacam itu merupakan sandiwara yang sungguh-sungguh nyata? Tentulah aku terlibat dalam penyutradaraan sandiwara semacam ini, tetapi janganlah terlalu cepat menebak dan menduga siapakah aku, karena meskipun memang akulah sebenarnya sumber segala sebab kematian Munir, siapakah diriku ini sama sekali tidak penting. Dikau tidak akan pernah dan tidak perlu mengenal diriku, tetapi tempatku di dalam sejarah sudah tertunjukkan dengan jelas. Memang, apa boleh buat, bukan di tempat Munir.

rembulan menjadi arang berhamburan

langit kosong tergelar menghapus bintang

ada tikus celingak-celinguk dalam selokan

seruling dangdut pengemis bergoyang

Aku adalah anjing kurap, karena itu aku membunuh Munir.

Namun jika kusebut makhluk Tuhan yang disebut anjing, itu bukanlah aku. Dengan segala hormat, anjing yang paling kurapan di dunia ini pun tidak akan pernah berpikir untuk membunuh Munir.

Ya, diriku dilahirkan oleh manusia. Kukenali cerlang matahari, halus pipi bayi, harum melati, dan pesona kecerdasan para cendekiawan, tetapi akulah yang membunuh Munir.

Apakah aku harus minta maaf, karena telah mempermalukan manusia di hadapan segenap anjing kurap di muka bumi? Hmm.

Selama aku tidak mampu mengungkapkan siapa diriku, dan mengakui kesalahanku, berarti aku sungguh-sungguh tidak tahu.

Itulah aku!

Melbourne, 12 September 2013. 17:44.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun