Hasil riset, hasil survei, dugaan, dan anggapan generasi masa lalu terhadap Gen Z dan Gen Alpha: Mereka terpaku, terlelap, terjebak dalam dunia maya. Mereka lebih menyukai dunia maya ketimbang dunia nyata. Tidak sedikit Gen Z/Alpha yang candu terhadap dunia maya. Begitulah memang sebagian faktanya.
Pertanyaannya: Kenapa Gen Z/Alpha lebih menyukai dunia maya?
Sejak melek sampai merem, sebagian besar hidup mereka dipenuhi oleh dunia maya. Setiap menit, setiap jam, tangan mereka tidak pernah lepas dari gawai. Buat generasi sekarang, gawai adalah perangkat ajaib yang sudah mereka kenal sejak brojol ke dunia. Yang memperkenalkannya: orangtua masing-masing. Mereka menjadi candu terhadap gawai. Apalagi, gawai bagaikan mainan terbaik bagi mereka. Sangat menarik dan atraktif. Celakanya, tidak ada hal lain yang lebih menarik dibanding gawai yang mereka genggam. Celakanya, orangtua justru memberikan gawai itu dengan suka cita. Celakanya, orangtua zaman sekarang, makin malas menyediakan dunia nyata yang lebih menarik bagi Gen Z.
Mau menyalahkan siapa?
Pada masa lalu, begitu banyak dunia nyata yang sangat menarik. Main kucing-kucingan. Petak umpet. Main perosotan. Lari-lari di bawah guyuran hujan. Main bola. Berenang di kali. Main layangan di lapangan. Begitu banyak permainan dunia nyata yang menarik bagi anak-anak. Begitu banyak kegiatan sosial yang melibatkan bukan hanya satu dua anak-anak, tapi segerombolan bocah. Sekarang tak lagi. Sebagian besar dunia mereka tercerabut berganti menjadi gawai. Games yang ada di gawai jauh lebih menarik. Media sosial jauh lebih menarik.
Kata kuncinya, apapun yang lebih menarik, itulah yang akan menjadi pusat perhatian manusia. Ibarat semut berjumpa gula. Bukan hanya Gen Z. Anda (Gen non-Z), saya (Gen X), dan siapapun pasti akan beralih ke hal yang lebih menarik. "Ngapain melakukan hal yang tidak menarik? Apalagi tidak pula bermanfaat?"Â
Jadi, kalau Anda mau mengalihkan perhatian Gen Z dari gawai, buatlah dunia nyata yang jauh lebih menarik. Percuma membuat larangan, aturan, pembatasan, dan sebagainya, kalau dunia nyata tidak lebih menarik.
Pemerintah Australia melarang anak di bawah usia 16 tahun bermain media sosial. Sejumlah negara Eropa dan negara maju lainnya, juga menyiapkan larangan anak-anak bermain gawai sebelum usia tertentu. Beberapa negara melarang anak membawa gawai ke sekolah. Apakah akan efektif aturan dan larangan tersebut? Pasti, jika dibarengi oleh dunia nyata yang lebih menarik sebagai pengganti gawai. Menjadi tantangan tersendiri, ketika dunia nyata dirasakan membosankan oleh anak-anak. Dampaknya, akan lebih berbahaya karena bisa saja membuat mereka tertekan, stres, atau bahkan depresi.
Buatlah aturan, larangan, atau apapun bentuknya, tapi sertai dengan mengkreasi dunia nyata yang menarik. Kalau mampu, buat yang lebih menarik dibanding dunia maya plus bermanfaat. Dengan begitu, anak-anak akan terlarut dalam dunia nyata dan mendapatkan manfaat darinya, sesuai perkembangan usia mereka.