Marketplace adalah sebuah platform model bisnis bagi penjual atau pedagang untuk bisa menjual produk -- produknya yang dilakukan secara online atau lewat digital. Hadirnya marketplace memberi kemudahan bagi penjual dan pembeli untuk menemukan apa yang mereka saling butuhkan dan yang diinginkan.Â
Marketplace memungkinkan anda sebagai pedagang menjual produk yang sama. Sebagai pembeli, anda bisa membandingkan harga serta kualitas yang ditawarkan oleh setiap merchant seperti lebih murah yang mana dan bagus atau tidaknya produk tersebut. Lewat marketplace anda bisa menjual dan membeli apa yang anda inginkan, seperti baju, celana, skincare, makanan, minuman, dll. Contoh dari marketplace yaitu seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak.
Kelebihan dari marketplace adalah :
Sebagai pembeli, anda bisa lebih efisien karena bisa lebih leluasa dan lebih mudah dalam memilih produk yang diinginkan hanya dengan lewat online atau tidak langsung datang ke tokonya. Sebagai penjual, anda bisa terbantu dalam promosi dengan menggunakan foto atau video yang menarik hati pembeli. Belanja di marketplace tidak banyak memakan waktu dan anda bisa membandingkan produk satu dengan produk lainnya dengan mudah.
Kekurangan dari marketplace adalah :
Sebagai penjual, menjual produk di marketplace bisa mempunyai persaingan yang tinggi, karena sesama penjual bisa menjual banyak produk yang sama. Sehingga, setiap penjual harus memiliki strategi dalam menjual produk -- produknya agar pembeli bisa lebih percaya dan lebih tertarik memilih produk yang dijual tersebut. Sebagai pembeli, membeli barang atau produk di marketplace sedikit sulit dipercaya. Karena, membeli di marketplace itu anda belum bisa mengetahui secara langsung kualitas atau bagus dan tidaknya produk yang ingin anda beli tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H