Meneliti merupakan salah satu tugas utama dosen. Selama ini program  penelitian  dikelola  oleh  lembaga.  Belum  dilakukan  berbasis  edukasi terprogram yang melibatkan seluruh dosen. Cara kelola lembaga cenderung bersifat kompetisi. Kurang diarahkan pada tataran kewajiban sebagai tugas utama sebagai dosen.
Pendekatan  kompetisi  kurang  mendapat  respon  yang  positif  bagi dosen,  masih  sangat  terbatas,  dan  kurang  menarik  bagi  disiplin  keilmuan  selain pendidikan.   Ada  sebagian  dosen  yang  beralasan  karena  masalah  biaya. Lebih dari itu penelitian kurang mendapat penghargaan tinggi.
Program  penelitian  yang  ditawarkan  oleh  lembaga  pada  dosen,  idealnya  tidak  dikompetisikan. Namun, menjadi  kewajiban  yang  harus  dilakukan  oleh  setiap  dosen. Setiap  dosen  dalam  melaksanakan  tugasnya  wajib  melakukan  penelitian.  Dosen hendaknya  selalu  berupaya  melakukan  penelitian  dan  updating  informasi
Peran lembaga  sejatinya memfasilitasi  dan  menyediakan pendukung pelaksanaan penelitian.  Fasilitas  program  yang  perlu  dipersiapkan  seperti;  program  diklat  dan mentoring  metodologi  penelitian. Mentoring tersebut meliputi kemampuan  identifikasi,  analisis  masalah,  menyusun rancangan  program  penelitian,  kemampuan  menyusun  instrumen  dan  memvalidasinya, penguasaan  metode  penelitian,  pelaksanaan  penelitian  berdasarkan  jenisnya,  mengolah data,  menyusun  laporan. Kemudian, dilanjutkan  dengan  penelitian  secara individu/berkelompok. ...
Â
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H