Mohon tunggu...
Pendri Prayoga
Pendri Prayoga Mohon Tunggu... Guru - Guru TIK

Musik, Olahraga, Adventure

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Teknologi 4.0

9 Oktober 2023   08:00 Diperbarui: 9 Oktober 2023   08:32 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran Teknologi 4.0: Sebuah Tinjauan Mendalam

Pembelajaran di era teknologi 4.0 telah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pesatnya perkembangan teknologi telah menyebabkan perubahan dalam metode dan pendekatan yang digunakan oleh para pendidik. Selain itu, teknologi 4.0 juga mempengaruhi interaksi di dalam kelas dan mengubah sistem pembelajaran konvensional yang telah ada selama ini.

Salah satu aspek yang mengalami perubahan besar dalam pembelajaran teknologi 4.0 adalah implementasi teknologi informasi dan komunikasi. Beberapa contoh teknologi informasi seperti e-learning, aplikasi pendidikan, serta sosial media telah digunakan oleh para pendidik dan siswa sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran. Selain itu, penggunaan e-learning dalam pendidikan membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas dan fleksibilitas sistem pendidikan.

Baca juga: Belajar Informatika

Dilihat dari perspektif sejarah, perubahan dalam metode pendidikan saat ini dapat dipandang sebagai revolusi dalam dunia pendidikan. Berbagai konsep inovatif yang dihasilkan oleh era digital seperti blended learning, flipped classroom, dan massive open online courses (MOOCs) telah membawa perubahan fungsi dan peran guru dan siswa yang lebih kolaboratif.

Dalam konteks sosial dan budaya, teknologi 4.0 juga mempengaruhi perilaku dan sikap siswa terhadap pembelajaran. Siswa yang tumbuh dalam era digital ini cenderung lebih terbiasa dengan teknologi dan mengharapkan interaksi yang lebih dinamis dalam proses belajar. Oleh karena itu, guru perlu menghadirkan variasi metode dalam penyampaian materi sehingga siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar.

Meskipun teknologi 4.0 membawa banyak perubahan positif, namun juga ada tantangan yang harus dihadapi dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam sistem pendidikan. Tantangan tersebut meliputi ketidakseimbangan fasilitas dan akses teknologi di berbagai daerah, serta kesenjangan digital di antara guru dan siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini, pemerintah dan lembaga pendidikan harus bekerja sama dalam menyediakan dukungan infrastruktur dan pelatihan bagi para guru.

Secara keseluruhan, pembelajaran teknologi 4.0 telah membawa perubahan yang signifikan dalam sistem pendidikan. Adanya inovasi dalam metode pembelajaran dan pengetahuan baru yang dihasilkan oleh era digital ini tentunya akan berdampak positif dalam mencetak generasi yang lebih kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja. Namun, masih banyak tantangan yang akan dihadapi dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam sistem pendidikan, dan peranan pemerintah serta lembaga pendidikan sangat vital untuk mengatasi permasalahan ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun