Mohon tunggu...
Sutrisno Penadebu
Sutrisno Penadebu Mohon Tunggu... Penulis - Menulis menebar kebaikan, Menulis apa saja bila ide datang

Sutrisno dengan nama pena Penadebu, ASN di Babulu kabupaten Penajam Paser Utara. Menulis di beberapa media baik cetak maupun online telah menerbitkan beberapa jurnal, prosiding, dan beberapa buku. Kini menjadi pengurus organisasi profesi. Menjadi instruktur lokal dalam kegiatan menulis dan guru inti. Sutrisno dapat dihubungi di: 1. HP/Wa : 081253791594 2. Facebook : Sutrisno babulu 3. Email : sutrisnok809@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Asam Urat Terjun Bebas setelah Rajin Mengonsumsi Daun Kenikir

2 Juli 2023   05:52 Diperbarui: 2 Juli 2023   07:12 1440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asam Urat Terjun Bebas setelah Rajin Mengonsumsi Daun Kenikir
Oleh: Penadebu

Saat cek asam urat saya ada di posisi 7,2 mg/dl padahal batas maksimal untuk laki-laki 7,00 mg/dl dan untuk perempuan sekitar 5,7 mg/dl. Kekhawatiran saya kalau menjadikan badan sering pegal-pegal/ linu-linu dan lain-lain.

Suatu pagi saat jalan santai, saya dapatkan segerumbulan  tanaman kenikir liar di depan telkom Tambong. Tidak sengaja saya petik dan saya bawa pulang. Ini lalapan saya waktu masih di SD dahulu sering buat makan, masak-masakan saat bersama teman kecil dahulu.

Saya ambil dan dicuci bersih, sebagian saya makan mentah dan dicolek sambal. Rasanya juga enak ada getir-getir sedikit. Sebagian saya rebus sebentar untuk dijadikan lalapan. Hampir setiap makan selalu ada daun kenikir.

Hari berikutnya setelah 2 minggu berselang saya cek asam urat,  terjun bebas hingga batas 3-4 mg/dl. Alhamdulillah. Sejak saat itu saya semakin rajin lalapan daun kenikir tersebut.

Gambar.2 Daun kenikir-Dokpri
Gambar.2 Daun kenikir-Dokpri

Daun kenikir (Cosmos caudatus) adalah tanaman herbal yang populer di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Tanaman ini memiliki daun yang khas dengan bentuk panjang dan runcing, serta warna hijau yang segar.

Sebagai tanaman herbal, daun kenikir telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai tujuan. Beberapa manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan daun kenikir antara lain:

1.Antioksidan: Daun kenikir mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

2.Antiinflamasi: Kandungan senyawa aktif dalam daun kenikir juga memiliki efek antiinflamasi. Ini berarti daun kenikir dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, seperti radang sendi atau gangguan pencernaan yang terkait dengan peradangan.

3.Penurun tekanan darah: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kenikir memiliki efek hipotensif, yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Ini dapat membantu mengurangi risiko hipertensi atau memperbaiki pengendalian tekanan darah bagi mereka yang sudah menderita hipertensi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun