Selama ini kita mengenal sejak pertama kali hadir dalam kancah usaha retail berbentuk minimarket, Alfamart menerapkan sistem strategi predator, dimana ada Indomart yang merupakan saingan utamanya pada saat itum akan diapit oleh dua alfamart. Namun, Kini kondisi mulai berubah, pesaing-pesaing dari luar negri mulai berdatangan. Alfamart tak hanya bersaing dengan Indomart saja. tetapi sebut saja Circle Key dan Seven Eleven yang membuat sang Alfa merasa terusik dengan keberadaannya. Program “Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia" merupakan sebuah langkah yang diambil alfamart untuk me-memberkan parap pelanggan yang mengambang di masyarakat, yang hanya berbelanja karena berpa-pasan dengan minimarket manapun. Alfa mengkomunitaskan para pelanggan mengambang itu dengan program membernya, yang memiliki keuntungan akan mendapatkan diskon dan promosi-promosi khusus bagi para pemegang kartu 'AKU' dari alfamart. Namun, segmentasi dari strategi ini harus dipertajam lagi, sebagaimana kita tahu, jika program ini menyasar pasar ibu-ibu memang cocok, tapi bagi para anak muda yang serba ingin praktis, dan menginginkan experience atau pengalaman dalam berbelanja, hal tersebut masih dipegang kuat oleh pesaingnya yaitu seven eleven dengan konsep tempat nongkrongnya yang full wifi. Dari peperangan yang mulai sengit itu, kadang saya juga bertanya dalam hati, kemanakah sang Indomart? tidak ada program pemasaran dari salah satu minimarket indo ini yang menonjol. Semuanya hanya biasa saja, memang selalu ada transaksi. tapi eksistensinya tidak keliahatan, dan akan tenggelam bila ada pesaing yang mampu menyentuh pasarnya nanti.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H