"adat mukim peusahoe gampông, panglima kawôm nyang atô rakyat, adat sagoe beusahoe lam nanggroe, makmu nanggroe rakyat seujahtra"
Alkisah, di sebuah tepi kolam hiduplah seekor ikan emas kecil. Kolam itu terletak di sebuah pinggiran hutan. Suatu ketika musim badai tiba. Pohon-pohon bergoyang hebat. Badai itu kemudian disusul dengan hujan lebat. Semua hewan-hewan sibuk menyelamatkan diri. Sahdan, banjir pun melanda hutan tersebut. Kolam tempat ikan emas kecil tergenang.
Setelah hujan reda, air masih menggenangi hutan itu. Hewan-hewan yang sudah meyelamatkan diri ke pinggiran kampung, merasa ada yang kehilangan dari komunitas mereka, yakni si ikan emas kecil. Diambillah kata sepakat bahwa harus ada yang masuk hutan menyelamatkan ikan emas kecil. Hasil kesepakatan, yang akan pergi menyelamatkan ikan emas kecil adalah monyet, dengan alasan monyet bisa melompat-lompat dari satu pohon ke pohon lain sehingga lekas sampai ke tempat ikan.
Sesampainya monyet ke tepi kolam, ia melihat ikan emas kecil sedang melompat-lompat ke permukaan air. Monyet mengira ikan emas itu sedang minta tolong. Secepat kilat si monyet melompat dari sedahan kayu dan meraih ikan emas dengan genggamannya tatkala ikan tersebut sedang melompat ke permukaan air. "Kau kutolong segera, kawan," kata monyet.
Singkat cerita, dibawalah ikan emas itu ke perkumpulan hewan di pinggiran kampung. Sayangnya, sesampai di sana ikan emas kecil sudah tak lagi bernapas. Ikan itu sebenarnya melompat ke permukaan air tanda kegirangan kolamnya penuh air. Namun, monyet yang tak mengerti hal itu, menjangkau ikan emas dengan tangannya. Akhirnya, ikan yang dibawa tanpa air itu tak dapat bernapas dan mati dalam genggaman monyet.
Demikianlah jika suatu mandat diberikan bukan kepada ahlinya. Pemberian mandat dan kepercayaan hanya melihat kulit luar niscaya akan mendatangkan kekecewaan. Hal ini senada dengan hadih maja Aceh bue meubajee, asee meusileuweue, tapuduek jih ateuh ulèe, jitrom geutanyoe lam pageue. Maknanya adalah seseorang yang diletakkan bukan sesuai keahlian/skill yang ada pada dirinya kelak akan mendatangkan petaka. Itu makanya, jauh-jauh hari indatu menyebutkan bahwa membuat emas hendaknya diberikan kepada pandai emas, membuat kursi hendaknya diserahkan kepada tukang perabot, menghitung diminta kepada ahli hitung (statistik). Dalam sebuah kearifan dikatakan bahwa:
nyang utôh tayue ceumulék
nyang lisék tayaue keunira
nyang baca tayue ék kayèe
nyang dungèe tayue jaga kuta
nyang beu-o tayue keumimiet