Mohon tunggu...
Herman RN
Herman RN Mohon Tunggu... -

Menyukai buku, terutama budaya dan sastra. Masih belajar menulis dan terus belajar serta belajar terus.

Selanjutnya

Tutup

Drama Artikel Utama

Ling-Lung, Gerakan Feminisme Rasional

13 April 2015   13:08 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:10 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PEREMPUAN ditabalkan sebagai makhluk feminin dengan sifat lemah lembut bin gemulai. Kaum feminisme liberal berpikir bahwa selama ini perempuan menjadi kelompok tertindas sehingga muncul gerakan untuk menempatkan perempuan sebagai individu yang memiliki “kekuatan” dan “kekuasaan” seperti halnya lelaki. Kebebasan dan kekuasaan tersebut diukur dari kadar rasionalitas dan pemisahan ruang privat dan publik.


Disadari atau tidak, pementasan teater Ling-Lung oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Nol Universitas Syiah Kuala di gedung tertutup Taman Budaya Aceh, 27-28 Maret 2015, kemarin, adalah pertunjukan untuk mempertegas gerakan feminisme liberal. Pertunjukan yang digelar selama lebih kurang 90 menit itu mengusung kisah seorang perempuan bernama Hayati, pemulung yang ketahuan mencuri televisi. Secara tafsir bebas, berarti perempuan juga bisa mencuri, perempuan juga bisa menjadi pemulung, bahkan perempuan juga bisa melawan petugas keamanan yang notabene adalah laki-laki.

Sebagai tokoh yang jadi fokus cerita, Hayati binti Mudakir ditamsilkan sebagai satu di antara sekian perempuan di dunia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Ia bersama para tetangganya tinggal di sebuah pemukiman kumuh. Setting panggung menunjukkan tempat mereka tinggal adalah komplek pemulung. Hal ini diperkuat dengan dialog para tokoh. “Saya ini hanya seorang pemulung. Keluarga kami sudah tujuh turunan hidup sebagai pemulung. Saya ini pemulung sejati…” petikan dialog Hayati saat diinterogasi petugas polisi.

Hayati, pemulung yang ketahuan mencuri televisi Madam Sulas mencoba membela diri. Pembelaan rasional dari seorang perempuan sekaligus rakyat kecil, disisipi beberapa dialog satir yang menyindir realita sosial masyarakat Aceh atau Indonesia umumnya. Kata Hayati, ia mencuri karena tidak ada uang, sedangkan ia ingin sekali punya televisi. Ia mencuri televisi bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tapi juga untuk para tetangganya agar bisa menonton bareng semisal nonton bola, nonton berita, bahkan nonton sinetron.

Mencuri dan peduli sesama yang diperankan oleh Hayati merupakan citra perjuangan kaum feminisme. Sederhananya, perempuan juga bisa mencuri televisi, perempuan juga punya rasa simpati. Sisi lain perjuangan feminisme pada sosok Hayati tampak dalam kelihaian dan kepintarannya menyusun kalimat saat diinterogasi. Tentu saja hal itu tidak lazim didapati pada pemulung secara umum. Namun, itulah Hayati. Sosok ini hendak mengatakan bahwa perempuan berhak memiliki pengetahuan umum, politik, bahkan untuk membalikkan logika berpikir lelaki (polisi), meskipun secara sosial hidup di bawah garis kemiskinan. Walhasil, polisi “ling-lung” dibuat Hayati.

Realis dan Realita

Sebagai cerita yang mengangkat realita sosial, Ling-lung menyatir realisme sekeliling kita. Kehidupan ekonomi, politik, sosial dalam dunia nyata berhasil diangkat ke atas panggung menjadi kenyataan fiksional. Tentu saja diperlukan kepekaan teater, di samping kreativitas penalaran terhadap naskah, dalam mempertunjukan cerita realis murni di atas pangung. Teater Nol mengambil tantangan itu dengan sedikit memasukkan pengertian teater saat membuka cerita. Hal itu dilakukan oleh sejumlah tokoh dalam adegan latihan teater.

Harus diakui, Teater Nol lumayan berhasil memindakuasai realisme sosial ke atas realisme panggung. Semua properti, setting panggung, akting, dan dialog ditata realis, bukan sekadar pajangan. Koran tua, kain lusuh, botol bekas, semua dihadirkan apa adanya.

14289052791915030469
14289052791915030469
Sebagai sebuah naskah yang diadaptasi dari TIK karya Budi Yasin Misbach, cerita Ling-Lung tetap mengedepankan unsur lokalitas. Beberapa adegan dan alur disesuaikan dengan kontekstual kekinian. Di sinilah kesempatan para pemain menyatir realisme sosial Aceh dan Indonesia umumnya. Lihat saja adegan Hayati menjawab pertanyaan petugas polisi. “Sudah menjadi kebiasaan masa kini sedikit-sedikit akting, main bola akting, di gedung dewan akting, ada orang ditangkap polisi karena korupsi esoknya juga akting.”

Secara rasional, karakter Hayati merupakan salah satu sosok perempuan masa kini di tengah kecamuk kemiskinan, kekacauan politik, dan perlawanan. Sikap yang sama ditunjukkan oleh para pemain lain yang sebagian besar perempuan. Solidaritas membela teman senasib sepenanggungan tampak jelas dalam cerita Ling-Lung.

Satir dan menyindir realita sosial semakin kuat saat alur menanjak klimaks, yakni ketika diketahui surat pengaduan di tangan polisi ternyata salah tik. Tanggal pengaduan lebih cepat daripada kejadian pencurian. Di sini hendak dipertunjukan bahwa para pemulung pun harus mengerti hukum, mesti paham aturan. Jangan lekas menyerah begitu dituduh bersalah oleh pihak keamanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Drama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun