Indomaret dan Alfamart adalah jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Gerai ini umumnya menjual berbagai produk makanan, minuman dan barangk ebutuhan hidup lainnya. Lebih dari 200 produk makanan dan barang kebutuhan hidupl ainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari. Â
Meskipun mini market Indomaret dan Alfamart terbilang tidak terlalu besar, produk yangdijajakan cukup beragam dan lengkap. Lokasi yang mudah dijangkau dan juga suasana yang
nyaman, membuat tak sedikit masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja di Indomaret. Tak hanya menjual produk seperti makanan dan peralatan sehari-hari, Indomaret juga melayani jasa transaksi. Layanan transaksi seperti pembayaran tiket, tagihan listrik dan air, hingga pembayaran layanan online dapat dilakukan di Indomaret dan Alfamart. Dengan beragam fasilitas yang tersedia di dalamnya, tanpa disadari bisnis Indomaret dan Alfamart ini dapat berkembang dengan cukup pesat di indonesia.
Minat masyarakat untuk berbelanja di minimarket juga meningkat karena adanyapendapat bahwa pasar modern (minimarket) lebih rapi, bersih dan praktis daripada pasar tradisional, meskipun tak sedikit pula masyarakat yang memilih loyal terhadap pasar Tradisional. Hal ini merupakan pergeseran dari kebutuhan fungsional menjadi kebutuhan psikologis kebutuhan fungsional adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan bentuk atau penampilan dari produk, sedangkan kebutuhan psikologis adalah kebutuhan yang diasosiasikan dengan kebutuhan yang bersifat mental dari konsumen yang dapat terpenuhi dengan berbelanja ataupun membeli sebuah produk. Adapun terkait hal tersebut terdapat permasalan yang terjadi akibat adanya Indomaret dan Alfamart, yaitu dampak keberadaan Indomaret dan Alfamart terhadap UMKM di Indonesia.
Usaha kecil seperti toko-toko sembako, pedagang kaki lima, kios. banyak yang dirugikan karena banyaknya mini market seperti Indomaret yang berdiri di berbagai daerah, dan jika dibandingkan mini market seperti Alfamart atau Indomaret menyediakan kebutuhan pokok yang terjamin kualitasnya, juga tempat yang bersih, ber AC dan harganya pun gak berbeda jauh dengan dan bahkan bisa lebih murah dibandingkan dengan toko-toko kecil akibatnya para pemilik toko akan mengalami kerugian. Maka hal itu akan mempengaruhi jumlah konsumen yang sebelumnya berbelaja di toko-toko kecil akan pindah ke mini market, Sehingga omset dari hasil penjualan yang di dapat menurun karena jumlah konsumen yang berkurang.
Solusi terkait permasalahan ini hendaknya pemerintah bisa membatasi pendirian mini market seperti Alfamat dan Indomaret, agar jumlah konsumen bisa merata dan seimbangantara mini market dan UMKM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H