Mohon tunggu...
Rini Widayati
Rini Widayati Mohon Tunggu... SWASTA -

Pingin jadi Ibu yang berhasil buat anak-anak dan keluarga.

Selanjutnya

Tutup

Money

Personal Shopper - Bisnis Kepercayaan

27 September 2013   23:25 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:17 1639
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Ide untuk menjadi personal shopper awalnya adalah suatu kebetulan. Berawal dari kebiasaan teman-teman yang sering menitip sesuatu dari Singapore menjadikan ide awal dari jasa yang saya tekuni serius setahun belakangan ini. Saya sudah tinggal di Batam sejak tahun 1997 dan negara Singapore serasa bukan negara tetangga. Tetapi ibarat kota sebelah Batam karena hanya dengan 45 menit perjalanan dengan ferry. Dan sudah bukan rahasia lagi kalau Singapore merupakan magnet tersendiri untuk penggemar shopping dalam memburu produk-produk bermerk. Apalagi kalau musim sale di bulan Juli dan Desember karena di Singapore barang dikatakan sale, mereka mendiskon betul barang tersebut dari harga aslinya.

Akhirnya saya meluncurkan blog Amanah – personal shopperuntuk menjawab kebutuhan teman-teman di atas. Biasanya mereka memesan barang-barang bermerek sepatu, tas, dompet dan kebutuhan fashion lainnya dari Singapore. Tampilan barang di website-website online singapore untuk barang-barang branded tersebut dikirim melalui email atau BBM. Dari harga yang tertera di dalam website online Singapore, pemesan tinggal menambah 20% dan ongkos kirim dari Batam ke tujuan. Atau pelanggan cukup menyebutkan detail barangnya dan saya akan mencarikan. Kalau harga dan spesifikasi barang sudah deal, pelanggan tinggal transfer uang dan barang dikirim. Kiriman dijamin aman dan cepat karena saya menggunakan jasa kurir yang dipercaya. Schedule pembelian pesanan adalah hari Sabtu/Minggu dan akan dikirimkan ke tujuan hari Senin untuk produk Singapore. Tetapi untuk barang-barang yang ada di lokal Batam akan dikirim sehari setelah transfer diterima. Barang yang ada di Batam paling disukai adalah parfum dengan berbagai merk dan coklat.

Awalnya ada beberapa kendala terutama masalah kepercayaan pelanggan. Bagaimanapun bisnis ini mengandalkan kepercayaan karena sebelum barang datang, uang sudah harus masuk ke rekening saya. Tetapi Alhamdulillah saya bisa meyakinkan pelanggan bahwa saya benar adanya, alamat saya tervalidasi dan nomor telephone yang dipakai nomor pasca bayar. Dan saya juga menjamin 100% uang akan saya kembalikan dengan utuh apabila barang yang dipesan kebetulan habis. Karena itu mengapa saya namakan jasa personal shopper ini saya namakan Amanah – personal shopper .

Pelan tapi pasti, pelanggan mulai datang. Mudah-mudahan bisnis ini semakin maju dan semakin banyak pelanggan yang datang. Jadi keinginan pelanggan akan kepemilikan barang tidak akan terkendala lagi karena tempat tinggal yang tidak terjangkau. Saya hadir untuk Anda yang jauh dari Singapore dan bagi yang tidak mempunyai banyak waktu luang untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan. Terakhir, kepercayaan pelanggan adalah kesuksesan kami. Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun