Konflik antar Kompasianer itu jadi seperti sebuah ritual. Bersifat klasik. Berwujud perang artikel dan komentar. Mampu menciptakan suasana yang sebelumnya guyup dan sejuk menjadi kacau dan panas membara di Kompasiana.
Setelah usai konflik, suasana Kompasiana jadi tenang. Para Kompasianer kembali sibuk di kanal-kanal Kompasiana yang sesuai passion kepenulisannya. Sedangkan admin Kompasiana kembali sibuk tidur atau masak mie instan saat piket, serta sesekali mengkarantina artikel politik yang dianggap berbahaya.
Suasana Kompasiana yang tenang itu ternyata bisa sangat meresahkan! Saya rindu munculnya konflik-konflik di Kompasiana, dan berharap segera tercipta lagi konflik baru.
Konflik antar Kompasianer punya daya magnet mendatangkan Kompasianer lawas dan tidak aktif. Mereka turun gunung untuk memberikan komentar sebagai wujud kepedulian, sekaligus momen menyatakan diri pernah ikut andil dalam membangun kebesaran Kompasiana di masa lalu.
Para Kompasianer lawas itu ada juga hanya jadi silent reader ketika konflik muncul, tapi diam-diam mereka bertanya ini-itu kepada Kompasianer aktif lewat WA. Heu heu heu...
Sejak perseteruan atau konflik antar Kompasianer pada bulan lalu, sampai kini belum ada lagi konflik terbarukan. Padahal isu global tentang  "sustainable" (berkelanjutan) sering disuarakan terhadap berbagai aspek kehidupan demi kehidupan mendatang yang lestari dan lebih berkualitas.
Isu penting sustainable perlu disambut baik sebagai sebuah gagasan. Mungkin perlu dibentuk kelembagaan pencipta konflik antar Kompasianer. Istilah nganu-nya semacam   Corporate Sustainability Conflict in Kompasiana, yang berangkat dari spirit jargon 'Beyond Blogging'-nya Kompasiana.
Sebaiknya tema konflik merupakan hal baru. Bukan lagi pengulangan barang lama yang "klasik dan basi" seperti yang terjadi bulan lalu. Bukan pula perkara K.Rewards, tuduhan penulis-tulisan sampah, kecenderungan Kompasiana menjadikan tulisan manga-isme sebagai tren-populer, centang biru-hijau-tanpacentang, kecemburuan dan sebutan Kompasianer yunior dan senior, label Headline/Artikel Utama, dan lain-lain.