Mohon tunggu...
Damar Murti
Damar Murti Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi

Just ordinary people... Menulis adalah bentuk ekspresi dari sebuah pengalaman dan bagian dari ide. "life only once, so use it wisely"

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Orang Jepang Tertarik Bahasa Indonesia

22 September 2014   23:37 Diperbarui: 17 Juni 2015   23:54 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Saya seorang student yang sedang menimba ilmu di negeri orang. Negeri yang saya sambangi adalah Jepang dimana negara yang sangat kental dengan anime dan budayanya. Tentunya karena ini diluar Indonesia bahasa yang saya gunakan sehari-hari adalah English (global) untuk berkomunikasi. Nah ada sebuah pengalaman menarik nih dari yang pernah saya alami selama saya tinggal di negeri sakura ini. Disimak yah.. hehe

Pertama adalah ketika saya dan dua orang teman Indonesia yang sedang jalan-jalan di suatu kuil atau tempat ibadah orang Jepang. Nah di luar kuil tersebut ada beberapa toko-toko yang menjual berbagai makanan dan aneka asesoris yang menarik perhatian turis asing seperti saya. Kami mulai mencoba untuk kuliner makanan yang dijual di pinggir jalan dan melihat-lihat pernak pernik yang diperjualbelikan. Singkat kata ketika saya dan kawan-kawan berhenti di satu toko yang menjual asesoris mirip seperti barang di pinggiran Malioboro, Jogja. Kami sejenak berdiskusi dengan bahasa Indonesia tentunya, nah tak disangka-sangka Bapak penjual ternyata dapat berbicara bahasa Indonesia pula. Betapa terkejutnya kami saat itu dan akhirnya kami pun mengobrol dengan bahasa Indonesia. Lalu karena kami penasaran tentang asesorisnya kami bertanya apakah ini asli dari Jepang atau Indonesia? Si Bapak dengan PDnya menjawab Jogja Jogja,,, woalaaahhh pantesaann... mirip ama di malioboro... jiaahahahahaha....

Kedua, lagi lagi saya dan dua orang teman Indonesia sedang berada di suatu supermarket di dekat rumah kami. Dan kami pun berdiskusi mengenai bahan masakan yang rencananya akan kami masak untuk makan malam. Ketika kami sedang asik berdiskusi, ada seorang Ibu Jepang menyapa kami dengan bahasa Indonesia. "eeyyy Indonesia jin desu ka?" (orang Indonesia kah?:baca). Kemudian si Ibu memanggil suaminya yang berada dekat dengannya untuk memberitahu kami ini dari Indonesia. hahahah lucu sekali... Lalu kami mengobrol dengan asiknya, dan ternyata si Bapak suami dari Ibu Jepang itu pernah tinggal dan bekerja di Indonesia selama 5 tahun. Ohhhhh la panteeesss ajaaa.... hihihihi jadi asik dech obrolan kami sore itu... hahaha

Okay melihat dari dua kejadian dan cerita diatas saya kok kemudian merenungkan bahwa bahasa Indonesia bisa jadi bahasa Global nih.. Kesempatan yang sangat bagus untuk memperkenalkan budaya Bangsa Kita Indonesia kepada dunia nih.. Dan tidak segan-segan bahwa ada Nihon-jin (orang jepang:baca) meminta saya untuk mengajarinya bahasa Indonesia. Woooowwww...!!!! aahhh mimpiii saya bahwa Indonesia bisa jadi negara maju dan dikenal oleh dunia dimulai dengan menduniakan bahasa Indonesia. Semoga dunia semakin mengenal Indonesia, tidak hanya Bali. Amin.

Semoga bermanfaat dan salam kompasiana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun