Mohon tunggu...
Susy Haryawan
Susy Haryawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - biasa saja htttps://susyharyawan.com eLwine

bukan siapa-siapa

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Novel Baswedan Tidak Lolos Test Wawasan Kebangsaan?

4 Mei 2021   10:14 Diperbarui: 4 Mei 2021   10:34 795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keempat, kala ideologi Pancasila itu tergadaikan, belum tentu ideologi ultrakanan atau kiri, namun bisa juga ideologi uang yang mahakuasa, bisa berabe. Sudah ada pembuktian mengemplang barang bukti dan memalak terduga. Apakah hal tiba-tiba terjadi? Ah tentu saja tidak. Ingat fenomena gunung es yang ada di dalam kehidupan ini.

Satu dua kasus itu biasanya memiliki rentetan panjang untuk bisa terjadi. toh bocornya sprindik sudah terjadi jauuuuuh-jauuuuh hari. Pelanggaran administrasi itu hanya akar serabut dari masalah yang bisa sangat gede.

Kelima, melihat kebangsaan saja lemah, susah percaya mengenai integritas dan keyakinan atas amanah. Contoh di atas sama saja. Indikasi itu memang cukup kuat, namun perlu bukti yang bisa menjadi landasan hukum untuk menindak.

Ini masalah karakter dasar orang, bagaimana memegang komitmen dan konsensus. Agenda pribadi, golongan, dan kelompok ternyata malah lebih kuat dan dominan dari kepentingan negara. Siapa sih yang tidak prihatin dengan korupsi bangsa ini? Eh yang jadi pasukan elitnya ternyata malah maling juga.

KPK ini bukti, sudah ada fakta yang sangat gamblang. Keberadaan wawasan kebangsaan ini sangat krusial. Jangan-jangan sudah mendekati kesuksesan perilaku ultrakanan dalam upaya merobohkan bangunan NKRI ini. Lihat saja  ada penghina Pancasila, hidup bersama masih melenggang bebas. Merasa bebas, kuat, dan  banyak pembela.

Tidak perlu pesimis juga, masih banyak garda terdepan bangsa ini, NU, Muhamadiyah, dan agama-agama lain, lebih kuat mendorong NKRI dengan Pancasila dari pada ideologi lain. Memang sudah sekian lama kita terlena, terninabobokan dengan narasi stabilitas, yang aslinya adalah ketakutan konflik, termasuk menyelesaikan masalah radikalis.

Ini bukan soal agama, soal iman, namun soal politik yang disematkan pada agama dan dipakai untuk perjuangan politik. Hal yang harus dicermati oleh orang-orang, sehingga tidak terjebak pada perjuangan agama yang ngaco.

Apa yang terjadi adalah berkat bagi bangsa dan negara, satu demi satu terkuak dan bisa diselesaikan. Persoalan yang seolah sangat sulit dan rumit itu mulai menemukan titik simpul untuk diurai. Tetapi, jangan kemudian eforia dan lalai. Atau malah menjadi bahan bakar untuk melakukan aksi yang lebih masif lagi.

Tokoh-tokoh yang biasanyaribet mengenai terorisme sudah mulai banyak diam.  Mereka sudah mulai kehabisan bahan bakar dan lahan untuk membuat keadaan keruh. NKRI akan kembali pada jati dirinya.

Terima kasih dan salam

Susy Haryawan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun