Mohon tunggu...
Paulina Dewi Toffi
Paulina Dewi Toffi Mohon Tunggu... Lainnya - Hallo panggil saja Dewi

I love Travelling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penyebab Mahasiswa Semester Akhir yang Sering Stres

22 Juli 2021   21:12 Diperbarui: 22 Juli 2021   21:23 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo perkenalkan nama saya, Paulina Dewi Toffi. Saya biasa dipanggil Dewi, saya adalah Mahasiswa STP Trisakti yang beruntung mendapatkan beasiswa dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam program "Beasiswa Unggulan" dikesempatan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya dan pendapat saya tentang "Penyebab Stres Bagi Mahasiswa"

Saya adalah mahasiswa semester akhir yang paling membuat saya stres adalah saya dihadapkan dengan membuat skripsi, yang dimana kita dituntut untuk bisa membagi waktu, membuat revisi yang kadang membuat pusing  apalagi selain mengerjakan skripsi juga terdapat KKN. perkuliahan online ini memang terasa lebih berat, hari libur yang semakin berkurang, dan ditambah lagi dengan biaya kehidupan yang semakin mahal,di tengah masa pandemi covid 19 dan PPKM yang di berlakukan.  uang kost yang harus saya bayar setiap bulan. 

Tetapi untuk meghadapi masalahnya cukup dengan jalani saja dan jangan mengeluh, dan kadang untuk masalah pelajaran saya sering berdiskusi dengan teman -- teman saya, bertukar pendapat. Tetapi kadang masalah pribadi juga kadang membuat saya stres seperti masalah dengan pacar tetapi saya tetap berusaha profesional dengan tidak mencampurkan urusan kampus dengan urusan pribadi, kalau untuk masalah pribadi saya selalu menyelesaikannya di luar kampus, dan tidak mengabungkan dengan urusan perkulihan saya, biasanya waktu yang saya butuhkan untuk menghadapi stres saya juga tidak bisa tentukan biasanya sekita seminggu paling lama. kalau  untuk saya masalah itu wajar baik didalam perkuliahan maupun didalam urusan pribadi seperti percintaan, maupun keluarga, yang paling penting adalah bagaimana cara kita mengontrol diri agar tidak terlalu stres dalam menghadapi masalah.

          

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun