Mohon tunggu...
SRI PATMI
SRI PATMI Mohon Tunggu... Mahasiswa Magister Program Studi Strategi Pertahanan - Dari Bumi ke Langit

Membumikan Aksara Dari Bahasa Jiwa. Takkan disebut hidup, jika tak pernah menghidupi.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Ups.. Intip Curhatan Oppa Korea di Cyworld Minihompy!

18 Desember 2021   12:31 Diperbarui: 18 Desember 2021   12:34 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Gambar : Biem.com

Beberapa tahun yang lalu, Soohyun disibukkan dengan Situs jejaring sosial pertama Korea, Cyworld Minihompy. Dia bertemu dengan teman-temannya di kamar mini online mereka dan bertukar hadiah virtual sebagaisimbol persahabatan mereka. Sekarang Soohyun menggunakan Kakao, platform media sosial seluler. KakaoTalk memungkinkan dia untuk mengirim pesan teks dan berbicara gratis, termasuk fungsi obrolan online yang mirip dengan minihompy, dan menampilkan seluruh rangkaian game seluler, dari kafe multi pemain-game simulasi I Love Coffee ke aplikasi puzzle match-3 retro-imut Anipang.

Evolusi Cyworld Minihompy : 

Era Awal (1999--2003) Cyworld dimulai pada tahun 1999 oleh sekelompok mahasiswa MBA dari Institut Sains Korea dan Teknologi (KAIST). Awalnya disebut People Square, dengan cepat berganti nama menjadi Cyworld. "Cy" dalam bahasa Korea berarti "hubungan", yang mendefinisikan tujuan dari usaha tersebut. Tak segan-segan Cyworld memberikan imbalan 500 Won Korea (sekitar $0,5) setiap kali berhasil mengajak orang lain untuk ikut bergabung. 

Bersamaan dengan gencarnya Cyworld di Korsel, saingannya Daum dan Freechal menciptakan teknologi berbasis interaksi hubungan yang hampir sama dengan Cyworld. Persaingan semakin kompetitif, Cyworld segera bereaksi dengan pembentukan komunitas terbuka. Layanan tersebut berhasil mendapatkan reaksi positif dari pengguna. Beberapa fitur yang disediakan untuk pengguna berupa mini diary, setiap pengguna bisa menuliskan sejarah tentang kehidupannya dan saling berinteraksi sesama pengguna Minihompy. 

Layanan Minihompy ini sangat populer dan berkembang pesat sehingga perusahaan penyedia layanan ini berorientasi pada model laba. Pengguna Cyworld Minihompy dapat memberikan hadiah virtual kepada teman-teman pengguna. Hadiah itu berupa alter ego, avatar, elektronik dan seni virtual lainnya. Pada saat bersamaan pula, Minihompy menyediakan layanan pengunduhan lagu sebagai sarana berekspresi. Pada tahun 2002, basis penggunanya berkembang mencapai 1 juta dengan penghasilan US$ 3000. 

Tahun 2003, Cyworld Minihompy meningkat secara pesat dan cepat. Bertumbuhnya pengguna, bertambah pula biaya operasional perusahaan penyedia layanan. Pada akhirnya, Cyworld diakuisisi oleh SK Telekom, yaitu perusahaan penyedia layanan seluler terkemuka di Korea Selatan dengan 22 juta pelanggan dan pendapatan pada tahun 2007 sebesar $11,4 miliar.  Pasca Akuisisi tahun 2003-2006, SK Telecom menginvestasikan US$ 10 juta untuk meningkatkan kapasitas server. 

Trendsetter Pengguna Minihompy

Segmentasi Minihompy adalah remaja akhir dan awal 20-an. Cyworld memperoleh 10.000-15.000 anggota. Motivasi pengguna Cyworld adalah media ekspresi diri yang paling tepat dan mereka senang menghabiskan waktu pada situs tersebut. Selain itu,mereka juga menyediakan menulis curhat harian, menyimpan arsip foto keluarga,aktualisasi diri. 

Sebagian besar remaja Korea mulai merasa bosan menggunakan media ini. Terlebih dengan gencarnya Google dan Naver (mesin pencari Korea) yang tidak berbayar untuk mengaksesnya. Pada tahun 2006, Cyworld memutuskan untuk memulai strategi baru berdasarkan media pribadi (versi upgrade dari minihompy) dan platform media (open platform tempat pengguna dapat berbagi berita, foto, dan video). Berhasil! Cyworld Minihompy menyesuaikan kebutuhan pengguna. Plaza Minihopmpy sudah memiliki lebih dari 50 juta klip video. Pengguna Cyworld mengunggah sekitar 50.000 video dan 5 juta foto per hari. Dengan perbandingan, YouTube mendapatkan sekitar 150.000 video per hari, dan pengguna Flickr mengunggah sekitar 15 juta foto setiap hari. Tentunya pencapaian yang hampir sempurna mendekati 2 layanan seluler besar di dunia. 

Pada tahun 2008, SK Telecom telah memperluas operasinya di Cina, Amerika Serikat dan Vietnam. Mulai tahun 2005, Cyworld juga menawarkan layanannya di Cina, AS, Jepang, Taiwan dan Vietnam. Cyworld hanya mencapai kesuksesan terbatas di negara-negara ini. Pada tahun 2007, Cyworld mulai beroperasi di Jerman dengan usaha patungan dengan Deutsche Telecom.  Plihannya akan tergantung pada visinya tentang apa yang diinginkan Cyworld akan hadir di masa depan---MySpace berikutnya, Google, iTunes, Amazon, atau kombinasi dari semua perusahaan? Selain itu, harus mempertimbangkan peran apa yang harus dimainkan oleh Cyworld sebagai perusahaan induk, SK Telecom, serta bagaimana rencana ekspansi global Cyworld akan mempengaruhi pilihan visi kedepan Cyworld. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun