Tren market bermigrasi dari bisnis konvensional menuju transformasi bisnis digital. Kehadiran internet mempermudah segala bentuk aktivitas manusia termasuk bisnis online mulai menjamur seiring dengan canggihnya teknologi. Siapapun bisa menjadi pebisnis di era digital. Melalui gawai dan literasi digital, pebisnis menggunakan konsep 4P Product, Place, Promotion, Price.Â
Tren bisnis digital menjadi bentuk transformasi pelaku usaha go digital. Dimulai dari konsep bussiness to bussiness (B2B), bussiness to customer (B2C), bussiness to administration (B2A), customer to customer (C2C). Konsep B2B merujuk pada transaksi bisnis dengan pada perusahaan vendor dengan harga grosir.
Konsep B2C dimana penjualan langsung dilakukan kepada pelanggan/perorangan. Konsep C2C dimana transaksi bisnis dari perseorangan/konsumen kepada konsumen. Konsep B2A saat ini lebih merujuk pada pemerintah yang go digital dengan penggunaan transaksi administrasi melalui media digital, misalnya pengurusan izin berbasis Online Single Submission (OSS).
Salah satu platform jualan online adalah Marketplace adalah Tokopedia. Platform jual beli online yang diluncurkan 17 Agustus 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini digunakan oleh kalangan native digital memenuhi kebutuhan tanpa harus tatap muka, cukup klik saja dari rumah, paket sudah datang.
Hi New Seller! Perhatikan hal-hal ini saat mulai jualan di Tokopedia:
1. Buat Akun dan Nama Toko yang Menjual
Tahap Persiapan
-Nama Toko
-Desain Logo Toko
-KTP