Parluhutan Sihombing, S.Si. Gr
GURU IPA UPTD SMP Negeri 1 Sei Kepayang
Kabupaten Asahan
Penerapan Budaya positif akan tercipta sekolah yang menyenangkan dan  merdeka belajar. Dengan menjalankan nilai-nilai kebajikan untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik, kita pasti mampu menciptakan budaya positif bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Semua perlakuan itu akan terwujud bila kita melakukan gerakan bersama dalam lingkungan sekolah dengan saling memahami, saling membantu dan berkolaborasi dalam mendukung terciptanya lingkungan yang berkualitas. Pada kesempatan ini saya akan berbagi praktik baik terkait budaya positif dan merdeka belajar di lingkungan sekolah saya mengajar.
Budaya positif
Bermula dari pendidikan guru penggerak ( oktober 2021 s/d oktober 2022), saya melaksanakan Aksi Nyata dengan mengimplementasikan Budaya Positif ini ke rekan guru, murid, dan seluruh warga sekolah dengan harapan dapat diterapkan dengan baik di lingkungan sekolah UPTD SMP Negeri 1 Sei Kepayang maupun di sekolah lain yang berada di Kabupaten Asahan. Saya memulai dengan sosialisasi budaya positif di kantor dewan guru. Memaparkan tentang motivasi intrinsik tentang bagaimana mengajar dengan baik bukan karena kehadiran kepala sekolah (manajemen sekolah) tetapi karena panggilan jiwa, nilai-nilai kemanusian (budi pekerti), Hukuman versus konsekuensi, pemberian apresiasi (perhargaan) yang dapat membangun semangat belajar siswa, misalnya : sertifikat atau piagam. saya menutup pemaparan saya dengan topik langkah  merancang kesepakatan kelas. Sosialisasi tersebut juga saya sajikan di channel youtube saya  https://youtu.be/AEE67-aS4CM Â
Bulan berikutnya saya mengimplementasi pembelajaran kompetensi Sosial  Emosional (PSE) dengan tema bioteknologi pada murid kelas IX dengan teknik STOP (Stop : berhenti dengan rileks, Take a deep breath: tarik nafas dalam-dalam, Observe :amati sensasi pada tubuh, dan Proceed : selesai dan lanjutkan) dan teknik memeriksa diri dari sisi positif dan negatif (who I am). Dimana di awal pembelajaran, guru memulai dengan memfasilitasi musik instrumental kemudian murid rileks/ badan lebih tegak, tangan diletakkan di meja atau di atas paha, kemudian tarik nafas dari hidung dengan hitungan 1 s/d 5, rasakan sensasi pada tubuh dan alam sekitar, ditahan nafasnya, kemudian nafas dilepas dari mulut. Langkah dapat diulangi sampai 5 kali. Kemudian  PSE juga menjadi program di sekolah kami dengan nama : '" KAMIS MINDFULNESS". Kegiatan program diawali oleh saya sebagai Guru Penggerak, kemudian dilanjutkan oleh peserta didik perwakilan dari setiap dengan musik dan teknik yang bervariasi sesuai dengan minat dan kebutuhan murid. Tujuan dari PSE mengurangi stress dan tekanan yang dialami peserta didik sehingga membantu menjadi individu yang memiliki sikap positif baik terhadap diri maupun terhadap orang lain dan memastikan well-being peserta didik sehingga proses belajar yang dialami di sekolah dan di luar sekolah menjadi sebuah proses konstruktif dan menyenangkan. Memang di awal kegiatan ini, masih banyak peserta didik tertawa, merasa aneh dan mengganggu teman yang lainnya yang sangat mengganggu kegiatan tersebut. Maka evaluasi kami, dua guru piket dibantu guru lain untuk kelancaran program selanjutnya. Maka sampai sekarang program  KAMIS MINDFULNESS sudah menjadi pembiasaan budaya positif di sekolah kami. Program ini  selalu disajikan di media sosial sekolah ; https://web.facebook.com/smpn1seikepayang dan facebook/ Instagram ; https://web.facebook.com/luhut.parluhutansihombing
Merdeka BelajarÂ
Sejalan dengan penerapan budaya positif maka merdeka belajar juga perlu belajar untuk tidak tertekan, tidak stress dengan permasalahan pribadi dan lingkungan, serta bebas berkreasi dan berinovasi. Merdeka belajar, pertama dimulai dan guru yang mengembakan diri menyesuaikan perkembangan zaman bagi peserta didik. Kedua guru harus memiliki modal komitmen yang kuat dan tidak mudah mengeluh dalam mengimplementasikannya. Sesuai dengan kedua pernyataan tersebut, saya sudah mengikuti PGP, Google bersertifikasi level 2, pelatihan PMM, Pelatihan Tanoto Foundation dan webinar online lainnya, dan dukungan rekan-rekan sejawat maka saya terus berupaya melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid (merdeka belajar).Â