Mohon tunggu...
Fahri
Fahri Mohon Tunggu... Lainnya - Employee

Belajar dan Berbagi Menyenangkan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Semuanya Jadi Mudah dengan Yes-Ok-Enter

7 Februari 2017   09:43 Diperbarui: 23 Desember 2021   13:03 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Hari mulai beranjak senja pertanda telah berlalu dua waktu yang semoga dipenuhi berkah untuk kita semuanya, tidak sedikit dari aktivitas yang teringat untuk dikenang dalam catatan pengalaman saat itu. Malam pun datang menyambut dengan kemilau cahaya bintang dan bulan yang menerangi angkasa semesta alam. Sungguh indah cahaya bintang terlihat dari kejauhan dengan pandangan mata yang tak kunjung redup, betapa eloknya cahaya bulan yang menerangi jagad raya negeriku Indonesia.

Pergantian siang dan malam adalah sebuah kepastian, begitu juga perubahan masa atau zaman. Zaman yang berganti tidak menafikan dimensi roda kehidupan juga akan bergeser menyesuaikan kondisi. Dimensi perubahan seyogyanya akan terakumulasikan bersama peradaban yang baru.

Zaman digital di abad 21 ini mengarahkan pelaku untuk berpikir lebih efesien dan efektif dengan tetap berpedoman pada  aturan yang berlaku. Keberadaan sistem digitalisasi modern dan menjanjikan akan menjadi virus yang menakutkan penuh manfaat. Berbagai dimensi dan bidang kehidupan telah menjadi mangsa kebangkitan dunia digital. Hal ini disebabkan maraknya lalu lintas jalur Angkasa yang beredar pada titik orbit satelit untuk menyebarkan signal dalam merubah sistem informasi yang telah ada.

Peluncuran satelit oleh TELKOM menjadi sejarah JELAJAH ANGKASA yang sangat berperan penting untuk mengerakkan dan membawa perubahan yang spektakuler. TELKOM sebagai salah satu perusahaan komunikasi di Indonesia, terus melakukan penguatan dari berbagai sistem untuk menunjang gerakan digitalisasi dalam berbagai ruang lingkup kehidupan. Saat ini antara 300-400 satelit komunikasi telah diluncurkan oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Jangan lupa ya ... Negara Indonesia adalah salah satu negara di wilayah Asia tenggara yang pertama kali memiliki satelit.

JELAJAH ANGKASA melalui satelit Palapa B4 diawal tahun 1992 yang kemudian di susul peluncuran satelit TELKOM-1, TELKOM-2, TELKOM-3 pada tahun 2011  dan satelit yang akan diluncurkan di tahun ini di bawah pengelolaan TELKOM merupakan komitmen untuk mengembangkan dan memfasilitasi dunia satelit sebagai program besar dan kepedulian untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih cepat dalam mengakses informasi pada setiap saat dan keadaan dengan daya jelajah yang super cepat sehingga tidak jauh tertinggal dengan negara-negara lainnya di dunia.

 Hadirnya media komunikasi digital seperti; Whats App, Line, Telegram, e-mail, telepon, hp yang berbasis android , sms, media sosial dan lainnya diberbagai bidang dimensi kehidupan masyarakat merupakan peluang bagi terbentuknya masyarakat menuju era interaksi digital yang tidak hanya terbatas pada satu wilayah tertentu saja akan tetapi bisa menjangkau seluruh wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia khususnya 3T (terdepan, terluar dan terpencil) dan dunia Internasional pada umummya melalui satelit komunikasi yang telah ada.

Kini keberadaan teknologi informasi dalam dimensi kehidupan masyarakat telah menjadi kebutuhan yang sangat mendasar dalam mendukung setiap aktivitas bahkan untuk meningkatkan pendapatan. Hampir disetiap tempat kita temukan berbagai interaksi dan pelayanan dilakukan dengan digital sistem mulai dari interksi antara individu yang satu dengan lainnya, pelaku bisnis dengan klientnya, administrasi online dari berbagai lembaga formal ataupun non-formal semuanya diwujudkan dalam pembangunan interaksi dalam dunia digital. Jelajah Angkasa ini bukan lagi sebuah mimpi, akan tetapi sebuah pertarungan besar yang mendorong manusia Indonesia untuk ikut berpasrtisipasi mengambil kemanfaatan didalamnya. Disadari atau tidak bahwa peningkatan kualitas manusia saat ini sangat dipengaruhi besar oleh teknologi informasi. Hampir setiap segmen kehidupan telah mengubah dan menggeser berbagai cara beraktifitas manusia meliputi cara belajar, cara berbelanja, cara bekerja sampai dengan cara yang terkecilpun semuanya tinggal tekan tombol ok,enter atau yes semuanya akan teraktivasi dalam hitungan waktu.

Harapan dan ekspetasi perubahan ini juga bagian dari angin segar pada beberapa sector industri digital micro maupun macro.  Keunggulan dan kecanggihan sistem produktifitasi dari segi model, kreatifitas, inovasi bagian dari efek perubahan arus multifungsi yang dengannya membangun opini publik dalam melakukan terobosan yang siap bersaing dan berkompetisi dalam menciptakan peluang kerja yang ditopang dengan pengaruh kemajuan teknologi. Senada dan sering dengan perkembangan interaksi digital yang kini telah menyentuh ruang lingkup tidak hanya pada manusianya saja tetapi juga diikuti oleh gerak pertumbuhan dari sektor industri digital dan ini berarti peluang terbuka lebar untuk menyusun strategi dalam membangun dan membentuk interaksi masyarakat secara massive yang efektif dan efesien dengan ketersedian dan kebutuhan pasar digital atau e-commerce.

Terobosan ini dilakukan oleh pelaku industri kreatif dalam mengambil bagian guna menarik para pengguna dari berbagai level. Perlu diketahui bahwa dalam kurung waktu antar 7 hingga 10 tahun belakangan ini kemajuan industri digital mengalami progres dan laju pertumbuhan yang bisa dibilang cukup menjanjikan. Perkembangan industri di dunia maya saat ini tidak hanya dirasakan dan dinikmati oleh para pengguna jasa pada kalangan level tertentu saja seperti diawal mulai diperkenalkan teknologi informasi akan tetapi penggunanya sudah menyebar hingga level bawah atau kalangan ekonomi dengan kategori cukup.

Oleh karena itu, teknologi bukan lagi barang yang langka, lux dan mewah bagi masyarakat Indonesia saat ini. Berbagai keuntungan akan maraknya bisnis di dunia maya ini memacu langkah untuk terus melakukan modifikasi, inovasi dan kolaborasi dari berbagai unsur guna memberikan kepuasan tersendiri bagi para konsumen yang memanfaatkan transaksi digital yang telah dipublikasikan mulai dari kategori anak-anak, dewasa, remaja hingga orang tua yang juga tidak ingin ketinggalan untuk unjuk kemampuan dan keterampilan dalam berinteraksi dalam memanfaatkan media digital, entah itu WA, Telegram, Line, media sosial, game online, shopping online, kuliner onlne, bisnis online atau yang lainnya berbau peluang online. Dan pada kenyataan, kehadirannya tidak hanya untuk menjadi pengguna atau penikmat kontent saja akan tetapi lebih dari itu setiap siapa saja yang ingin mengembangkan usaha layanan yang efektif dan cepat bisa diwujudkan.

Salah satu sektor yang paling banyak diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia akhir-akhir ini yaitu Industri permainan game atau game online yang ditawarkan oleh para produsen dengan berbagai kontent untuk pemula hingga pada game yang memiliki tingkat kesulitan untuk mengetahui dimana setiap user akan lebih penasaran untuk menyelesaikan suatu jenis variasi game. Selain itu, keberadaan game onlne bagi para gamers menjadi Chanel favorit yang bisa dinikmati pada jenjang tingkat manusia yang memiliki banyak peluang waktu untuk bermain secara online/offline melalui berbagai media atau tools yang tersedia dengan menggunakan PC, Notebook, laptop, iPhone atau HP Android yang jenis gamenya bisa didownload secara free ataupun berbayar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun