Ekonomi Indonesia tiba-tiba mengalami goncangan akibat pandemi covid-19. Tidak sedikit usaha terpaksa harus menutup usahanya karena krisis ekonomi yang terjadi. Pandemi ini merupakan pandemi dunia yang menyebabkan berubahnya perilaku konsumen dan kosnsumen sangat berhati-hati untuk melakukan konsumsi.
Dari mulai usaha kecil hingga usaha besar terkena dampak dari pandemi covid-19. Karena kondisi ini berdampak pada daya beli masyarakat, hal inilah yang menyebabkan penjualan mengalami penurunan dan akhirnya banyak usaha yang harus gulung tikar.
Jika sudah seperti ini, para pelaku usaha harus selalu siap sedia dan mencari cara untuk mengantisipasi agar usaha mereka tetap berjalan walaupun di masa pandemi. Kebijakan social distancing mengakibatkan kerugian dalam sebuah bisnis dan menghambat kegiatan jual beli secara langsung karena kita semakin sulit berinteraksi dengan pelanggan maupun calon pelaanggan dan acara promosi pun makin sulit dilakukan secara offline.
Saat ini sudah banyak pengguna social media maupun orang-orang yang berbelanja secara daring. Dalam situasi seperti ini akan lebih mudah menjangkau pelanggan melalui internet atau social media, apalagi semenjak diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah atau work from home, maka orang-orang pun akan lebih memilih melakukan semuanya dari rumah, termasuk melakukan konsumsi atau belanja.
Banyak yang bisa kita lakukan selaku pemilik usaha untuk mempertahankan penjualan selama pandemi, salah satunya dengan melakukan “digital marketing”. Apa itu digital marketing? Digital marketing atau pemasaran secara digital adalah usaha untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet atau perangkat elektronik dimana kita bisa berkomukasi dengan pelanggan atau calon pelanggan lewat media digital.
Ada banyak sekali akses untuk para pelaku usaha kepada konsumen atau calon konsumen. Begitupula konsumen dan calon konsumen, mereka dapat dengan mudah menemukan dan melihat penawaran anda seperti melalui Blog, Social Media, Website, dan lain sebagainya.
Mengapa digital marketing sangat penting? Karena digital marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas, lebih akurat dan lebih efisien. Terlebih lagi jika pandemi ini belum berakhir akan sulit untuk memasarkan produk secara offline. Ada banyak media yang bisa anda pilih untuk menjangkau para konsumen dan calon konsumen. Berikut ini adalah beberapa pilihan untuk anda memasarkan barang atau jasa anda.
Social Media
Kini sudah banyak media sosial yang digunakan masyarakat. Bahkan tak jarang bahwa satu individu memiliki beberapa akun media sosial. Media sosial sudah sangat menyebar di Indonesia, dari yang muda hingga yang tua menggunakannya. Maka dari itu, media sosial merupakan wadah yang tepat untuk memasarkan atau mempromosikan suatu usaha.
Karena bisa mengjangkau orang dengan sangat luas. Dengan konten dan promosi yang menarik maka orang akan tertarik dengan produk atau barang dagangan yang kita tawarkan. Karena konten dan promosi yang bagus dan unik dapat menarik calon pelanggan untuk membeli produk kita.
Kini siapa saja dapat dengan mudah berjualan atau membuka usaha dan mempromosikannya lewat media sosial karena selain caranya yang mudah, cara ini juga sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha jika ia berhasil menarik pelanggan lewat media sosial. Jadi, tunggu apalagi? Karena media sosial ini mudah diakses, maka penggunanya sangat banyak dan apa yang kita iklankan di media sosial akan mudah dilihat oleh siapa saja.