Malang-Minggu (04/04) Mahasiswa KKN UM Asrikaton menyelenggarakan Sosialisasi tentang “Branding dan Pemasaran Produk Unggulan Desa Asrikaton” yang ditujukan kepada PKK Desa Asrikaton. Sosialisasi berlokasi di kediaman Bapak Askur selaku ketua RT.05, RW.04, Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Sebelum sosialisasi ini dilaksanakan, Mahasiswa melakukan wawancara awal kepada perangkat desa terutama Kepala Desa Asrikaton, Bapak Supaadi, SE dan beberapa ketua RT untuk dimintai keterangan terkait berbagai permasalahan yang terjadi di Desa Asrikaton.
Kepala Desa Asrikaton, Bapak Supaadi, SE mengungkapkan bahwa selama ini masyarakat Desa Asrikaton belum memiliki keahlian untuk meningkatkan kualitas dan nilai produk mereka sehingga produk kurang mampu bersaing di pasaran. Selain itu Bapak Askur juga menyatakan bahwa masyarakat Asrikaton selama ini belum memiliki produk unggulan dari desa mereka. Berlandaskan wawancara tersebut Kelompok KKN UM Asrikton merancang program kerja guna membantu masyarakat memiliki produk unggulan yang mampu bersaing serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Asrikaton.
Mengacu pada hasil kegiatan sebelumnya Kelompok KKN UM Asrikaton berhasil memberikan pelatihan membuat Batik Jumput dan Keripik Ongol-ongol. Hal ini menjadi alasan utama diadakanya sosialisasi Branding dan Pemasaran Produk yang diharapkan selain dapat membantu masyarakat Desa Asrikaton untuk memiliki produk unggulan juga dapat memberikan pengetahuan bagaimana produk yang sudah dibuat dapat bersaing di pasaran.
Kegiatan sosialisasi Branding dan Pemasaran Produk mendapatkan respon positif dari perangkat desa. Selain itu Bapak Nasikin selaku Ketua RW 04 menyarankan untuk memberikan Sosialisasi tersebut kepada PKK Desa Asrikaton yang sebelumnya sudah memperoleh pelatihan membuat batik Jumput dan Keripik Ongol-ongol. Sosialisasi tersebut juga diharapkan dapat memotivasi PKK dalam membangun usaha yang dapat meningkatkan perekonomian mereka dan produk-produk yang sebelumnya telah dibuat dapat berlanjut menjadi usaha yang menghasilkan.
Pelaksanaan program ini diisi oleh mahasiswa yang memiliki pengetahuan mengenai Branding dan Pemasaran Produk. Penyampaian sosialisasi juga disesuaikan dengan keadaan PKK Desa Asrikaton dengan harapan dapat mudah diterima dan diimplementasikan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu kurang lebih satu jam dan berlangsung baik karena disertai diskusi sehingga terjalin komunikasi dua arah antara PKK dan Mahasiswa.
Sesi diskusi dilaksanakan bersamaan dengan pemberian contoh Branding Produk atau prototype yang telah dibuat oleh Tim KKN agar peserta dapat lebih mengerti apa yang disebut Branding dan materi dapat tersampaikan dengan baik. Yang terlihat selama sosialisasi berlangsung, peserta sangat antusias dan bersemangat. Diharapkan dengan adanya program kelompok KKN UM Asrikaton dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas perekonomian serta meningkatkan nilai jual produk Desa Asrikaton.
Penulis: Panji Galih Anugrah, Mahasiswa KKN UM Asrikaton