Mohon tunggu...
Pangki Kurniawan
Pangki Kurniawan Mohon Tunggu... wiraswasta -

..menyapa dengan kata, mendekatkan jarak dengan bahasa, berinteraksi dalam harmoni pena, bertukar fikiran dalam jurnalisme warga.. ^_^ salam untuk semua.. (pangki)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Tiga Dimensi

6 April 2012   08:39 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:58 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Betapa menyenangkannya bekerja sesuai bidang kita”, itu yang saya pikirkan semasa kuliah dulu. Tapi kenyataannya tidak sesederhana itu. Selepas kuliah saya bekerja sebagai marketing produk garment (t-shirt), dan saya bersyukur bidang pekerjaan yang saya geluti sesuai dengan disiplin ilmu yang saya pelajari, manajemen pemasaran. Tapi kemudian tidak serta merta seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Pada saat saya serius menggeluti bidang pekerjaan saya, di saat yang bersamaan juga dituntut kemampuan dan kecepatan menggeluti bidang lain yang menjadi satu kesatuan dengan bidang pekerjaan yang saya geluti, karena di dalamnya menyangkut images produk dan profit produk yang saya tawarkan (jual). Agar lebih jelas, seperti ini gambarannya: sebagai marketing produk garment (t-sirt), saya dan teman-teman harus cepat menyampaikan keunggulan dan kelebihan produk yang kami jual ke konsumen (usaha ato perorangan), tanpa mengabaikan kelemahan produk yang kami bawa. Sehingga terjadi penawaran dan permintaan yang berujung pada profitabilitas perusahaan serta kesinambungan hubungan kemitraan dengan konsumen. Nah pada saat yang bersamaan, marketing juga harus siap menerima kritik dan saran dari konsumen tentang kelemahan dan kekurangan produk kami (misal: desainnya, warna kaos dan sablonnya atau display counter kita di mall-mal ato pertokoan), belom lagi dengan tagihan penjualan di sejumlah toko ato counter. Mau tidak mau, suka ato tidak suka marketing harus mampu cepat belajar: desain grafis, komposisi warna, dinamisasi warna, tata letak counter dan desain interior counter. Disini tantangannya, selain mendapat ilmu baru (desain grafis, komposisi & dinamisasi warna, tata letak & desain interior counter serta akuntansi keuangan), kami juga harus mengkomunikasikannya dalam 3 dimensi: 1.intern dalam perusahaan kami (desainer kaos, sales, dan pimpinan), kemudian 2.ekstern (pemilik usaha, konsumen, produk kompetitor) dan yang ke 3.kemampuan pribadi marketing itu sendiri dalam mengkomunikasikan keinginan kedua belah pihak. Syukur Alhamdulillah, tantangan pekerjaan itu membuat saya memahami hal-hal baru yang tidak terpikirkan sebelumnya. Dalam bekerja, masing-masing pribadi harus kompak satu dengan yang lain, baik secara individu maupun di dalam team. Selain itu marketing juga harus mampu mamahami keinginan konsumen, agar terjalin sinergi yang dinamis dan berkelanjutan. Pada saat terjun di bidang produk perbankan seperti sekarang ini, banyak ilmu yang saya peroleh dari pengalaman bekerja menjadi merketing & sales produk garmen (t-shirt) pada saat itu. Tidak ada kata yang terindah selain bersyukur dan bersyukur, mendapatkan pendidikan dan ilmu dari banyak orang disekeliling, Insyaallah bermanfaat. salam (pangki_k, Djogjakarta, Indonesia)

13336563401554452823
13336563401554452823

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun