Mohon tunggu...
Pangestu Aji
Pangestu Aji Mohon Tunggu... Guru - Universitas PTIQ Jakarta

Pangestu Aji Swasono saat ini berafiliasi dengan Universitas PTIQ Jakarta sebagai mahasiswa doktoral program studi manajemen pendidikan islam.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menggali Relevansi Al-Qur'an dalam Psikologi Kontemporer untuk Kesehatan Mental di Indonesia

1 November 2024   19:08 Diperbarui: 1 November 2024   19:50 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan
Kesehatan mental telah menjadi isu penting dalam masyarakat modern Indonesia, dengan semakin tingginya prevalensi gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres. Data terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 43% mahasiswa Indonesia mengalami depresi selama pandemi COVID-19, sementara 69% lainnya mengalami kecemasan (Rosita, 2021). Situasi ini mendesak perlunya pendekatan holistik, yang tidak hanya berfokus pada aspek psikologis, tetapi juga spiritual.

Dalam masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, Al-Qur'an memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari dan memberi nilai serta panduan hidup yang komprehensif, termasuk dalam konteks kesehatan mental. Beberapa ayat Al-Qur'an seperti QS. Ar-Ra'd (13:28), QS. Al-Baqarah (2:286), dan QS. Al-Insyirah (94:5-6) menyiratkan panduan yang relevan dalam manajemen stres, ketenangan batin, dan optimisme menghadapi hidup. Namun, terdapat kesenjangan antara prinsip-prinsip Al-Qur'an dan psikologi Barat yang lebih sekuler, sehingga integrasi antara keduanya menjadi tantangan sekaligus peluang. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi nilai-nilai Qur'ani dalam konteks psikologi modern, terutama dalam upaya mengatasi masalah kesehatan mental di Indonesia.

Pembahasan
1. Ketenangan Batin dan Praktik Dzikir sebagai Terapi Spiritual

Al-Qur'an menegaskan pentingnya ketenangan batin dalam menghadapi berbagai tekanan hidup. QS. Ar-Ra'd ayat 28 menyatakan, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” Ayat ini menjadi dasar penting dalam memahami konsep ketenangan batin melalui dzikir (mengingat Allah). Dzikir, dalam konteks ini, sejalan dengan konsep mindfulness dalam psikologi kontemporer, di mana individu berfokus pada perenungan dan kehadiran diri, yang memiliki efek positif dalam meredakan stres dan kecemasan.

Menurut tafsir al-Sa'di, dzikir dapat menghilangkan kegelisahan dan mendatangkan ketenangan hati dengan cara yang tidak dapat diberikan oleh metode sekuler semata. Kajian sebelumnya mengungkapkan bahwa praktik dzikir, seperti membaca Al-Qur'an, bertasbih, atau berdoa, membantu menenangkan pikiran dan memperbaiki keseimbangan emosi (Sumarni, 2020). Dalam psikologi modern, ini selaras dengan metode relaksasi dan konsentrasi pada pengalaman saat ini, yang terbukti membantu mengelola kecemasan dan meningkatkan kesejahteraan mental.

2. Konsep Ketahanan Mental dalam QS. Al-Baqarah ayat 286
Ketahanan mental atau psychological resilience adalah kemampuan individu untuk bangkit dari situasi sulit, yang menjadi salah satu konsep kunci dalam psikologi kontemporer. QS. Al-Baqarah ayat 286 mengungkapkan bahwa Allah tidak akan membebani seseorang di luar kemampuannya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” Ayat ini memberikan penguatan psikologis bahwa setiap individu memiliki kapasitas yang diberikan Allah untuk menghadapi tantangan yang ada.

Dalam konteks psikologi, keyakinan bahwa seseorang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah self-efficacy adalah elemen penting dalam membangun ketahanan mental. Penafsiran ayat ini menyiratkan bahwa beban atau ujian hidup adalah bagian dari pengembangan diri yang telah disesuaikan dengan kekuatan setiap individu. Konsep ini dapat diterapkan dalam terapi psikologis, di mana konselor dapat mengingatkan klien bahwa mereka memiliki potensi untuk menghadapi setiap kesulitan yang ada, seperti yang diajarkan dalam Al-Qur’an.

3. Kesabaran sebagai Mekanisme Coping dalam Menghadapi Ujian Hidup
Dalam QS. Al-Baqarah ayat 155-157, Allah berfirman: “Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” Kesabaran dalam konteks ini mencakup ketahanan menghadapi tantangan hidup dengan tetap berprasangka baik kepada Allah.

Psikologi kontemporer mengenal konsep coping strategies, yaitu cara-cara yang dilakukan untuk mengelola stres dan tekanan hidup. Dalam tafsir Ibnu Katsir, dijelaskan bahwa kesabaran tidak hanya berarti menahan diri dari keluh kesah, tetapi juga menjaga ketenangan dan sikap positif dalam menghadapi kesulitan. Bagi individu yang menghadapi stres, konsep kesabaran ini memberikan kekuatan moral dan motivasi untuk tetap bertahan dengan harapan akan adanya solusi.

4. Optimisme dan Harapan dalam QS. Al-Insyirah ayat 5-6
QS. Al-Insyirah ayat 5-6 menyatakan, “Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.” Ayat ini memberikan pesan optimisme dan harapan bagi setiap individu yang tengah menghadapi tantangan. Menurut tafsir al-Sa'di, setiap kesulitan pasti diiringi dengan dua kemudahan, yang memberikan janji bagi orang beriman bahwa masa sulit bukanlah akhir dari segalanya.

Optimisme adalah bagian penting dalam pendekatan psikologi positif, di mana sikap optimis terbukti membantu seseorang menghadapi depresi dan mengembangkan sikap mental yang lebih sehat. Terapi kognitif dalam psikologi juga berfokus pada pengembangan pemikiran positif sebagai cara mengatasi perasaan putus asa. Dalam konteks ini, Al-Qur’an tidak hanya memberikan motivasi, tetapi juga metode yang dapat diterapkan untuk membangun sikap optimis yang penting dalam mengelola kesehatan mental.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun