Mohon tunggu...
Pangesti dwiRahayu
Pangesti dwiRahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Work time

MBTI INFJ yang berubah menjadi INFP. EXOL. we are one EXO saranghaja

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Seleb Korea menjadi pilihan industri Indonesia, Kenapa?

10 Juni 2023   07:30 Diperbarui: 10 Juni 2023   09:15 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.viva.co.id/ gambar

Industri hiburan Korea saat ini menjadi hot trends di seluruh pelosok dunia. Karena itulah menjadi alasan berbagai macam industri perekonomian dari seluruh negara berlomba-lomba mengambil kesempatan dengan mendapuk seleb Korea untuk mengembangkan dan melusakan wilayah pemasarannya. Belakangan ini Industri korea menjadi lebih berkembang dengan munculnya seleb Korea misalnya dari idol boy grup, girl grup, penyanyi bahkan aktor dan aktris Korea. Kedatangan mereka kerap dinanti oleh masyarakat terutama bagi penggemarnya. Selain itu juga dinantikan oleh setiap industri entah itu dari proyek usaha atau bisnis industri untuk membantu memperkenalkan produk atau budaya sekaligus memperluas jangkauan secara global.

Untuk Indonesia sendiri pada tahun 2023 ini, menjadi tahun yang padat akan kedatangan para seleb Korea. Deretan para seleb korea siap untuk mengisi event atau acara mereka di Indonesia. Bukan hanya dari penggemar yang menyambut hangat kedatangan mereka. Banyak seleb Korea yang tertarik dan have fun dengan antusias dan semangat para penggemar mulai dari kedatangan hingga kepulangan. Event yang kerap kali diselenggarakan oleh penyelenggara event yaitu seperti Fansign, Fanmeet atau promosi sebagai Brand maupun Global Ambassador dari brand lokal.

Kim Soo Hyun yang merupakan seorang aktor Korea menggelar fanmeet atau Jumpa penggemar Indoneisa pada 14 Mei 2023 pukul 16.00 WIB di ICE BSD, Tangerang, Banten. Fanmeet digelar di Indonesia karena ia bertepatan sebagai Brand Ambassador produk skincare Indonesia. Dengan kedatangan Kim Soo Hyun ini menarik perhatian para penggemar serta customer dari produk Skincare tersebut. Bukan hanya Kim Soo Hyun yang menggelar fanmeet, diketahui para idol boy grup atau girl grup juga menggelar tour konser mereka di Indonesia. Dan masih banyak lagi event-event dari industri Kpop yaitu dari Korea selatan yang turut memeriahkan tahun 2023 di Indonesia.

Fenomena tersebut menjadi perhatian serta menciptakan berbagai opini didalamnya. Isunya seperti ketika banyaknya brand lokal mulai dari produk skincare, makanan dan minuman yang kerap kali menjadikan seleb Korea sebagai ambassador atau mengundang mereka sebagai guest di program mereka.

Dikutip dari cnbcindonesia.com, Steven Calvin Victory, Chief Executive Officer, iStyle.id mengatakan bahwa tren pemakaian seleb asal Korea ini sebagai brand ambassador mulai marak ditengah perusahaan-perusahaan lokal. Artis Korea selatan dianggap memiliki audiens atau penggemar yang luas sehingga menjadi jembatan produk lokal memperkenalkan brandnya secara global. Hasil nilai dalam pasar juga kerap kali meningkat pesat mulai dari penjualan produk. Bahkan sampai bisa kehabisan stok dalam jangka waktu yang cepat karena meraup banyak pesanan dan peminat yang meningkat pesat.


Itulah yang disebut dengan kekuatan fans. Namun begitu, fenomena tersebut tidak lepas dari bagaimana munculnya opini masyarakat dengan adanya perekrutan seleb Korea sebagai brand ambassador. Di lingkungan masyarakat sekarang terdapat isu yang masih kerap dibahas yaitu adanya isu Beauty Standard. Beauty Standard adalah isu dimana didalam masyarakat terbentuk sebuah standar kecantikan yang diciptakan sebagai standar sosial. Standar kecantikan yang sering menitikberatkan kepada perempuan maupun laki-laki adalah memiliki cantik/tampan fisik maupun rupa kulit putih, tubuh kurus, rambut lurus, hidung mancung bahkan seseorang yang berasal dari keluarga mampu atau kaya menjadi standar mereka memilah dan membentuk lingkaran sosial.

Isu tersebut diperkuat lagi dengan banyaknya brand produk atau skincare yang menjadikan seleb Korea sebagai brand ambassador. Sehingga dapat membentuk pikiran masyarakat akan adanya Korean beauty standard yang hidup di Indonesia karena banyaknya brand lokal yang mendapuk seleb Korea sebagai brand ambassador. Muncul model atau fashion Korea, produk make up bahkan daily activities orang korea yang sering dijadikan trendsetter dikalangan masyarakat. Karena dinilai cantik, elegan, menawan dan berkelas. Akibatnya masyarakat cenderung konsumtif dalam pembelian produk untuk mencapai kepuasan pribadinya.

Walaupun begitu, menjadikan seleb Korea sebagai brand ambassador tetap menjadi pilihan karena keuntungan di pasarnya yang tinggi sehingga bisa mengenalkan brand lokal sebagai brand yang sukses dari segi kualitas, kuantitas, dan manfaat poduk serta pemasarannya secara global. Standar brand lokal juga percaya diri akan produknya sehingga bukan hanya karena brand ambassadornya namun kualitas dan kuantitasnya diakui dan dipercaya masyarakat.

Antusias Fans atau penggemar seleb Korea dikenal karena memiliki sikap yang royal dan setianya terhadap idolanya. Dibuktikan dengan setianya penggemar untuk selalu mendukung untuk setiap kegiatan, promosi atau sekedar membeli produk yang diambassadori oleh idolanya, menunggu antrian pembelian, bahkan turut mengiklankan produk tersebut. Selain itu, munculnya banyak penyelenggara konser maupun jumpa penggemar dari Korea di Indonesia mulai dari event kecil maupun berskala besar. Meskipun penyelenggaraan dari Korea Selatan, namun didampingi dengan berkoordinasi bersama penyelenggara Indonesia sehingga lokasi terpantau kondusif. Pelaksanaan event tersebut menjadi peluang layaknya sebagai jembatan untuk mengembangkan sarana dan prasarana Indonesia dalam bidang kultur budaya Indonesia dengan menyajikan tempat atau lokasi yang nyaman, aman dan memadai. Tentu bukan hanya untuk kegiatan event dari luar namun, juga bisa digunakan untuk event nasional atau dalam negeri.

Ramainya seleb Korea Selatan datang ke Indonesia turut membantu meningkatkan perekonomian Indonesia mulai dari diperjualbelikan pernak-pernik, aksesoris Korea dan merchandise yang juga bisa membantu untuk memberi peluang para usahawan atau berbisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun