Mohon tunggu...
Pandu Pranata
Pandu Pranata Mohon Tunggu... Lainnya - Pengusaha Sukses

Nama Pandu Pranata Kelahiran Asal Medan Sumatera Utara mungkin masih kurang akrab di telinga. Namun, di media sosial dirinya sangat diperhatikan para netizen. Kenapa? Pandu Pranata merupakan sosok pengusaha yang kerap memberitahu soal pekerjaan. Ia pun dinilai sukses mewujudkan mimpi yang dia ingin kan. Seperti apa kisahnya? Semua berawal saat Pandu Pranata dahulu sempat bingung untuk ketika masih di bangku SMA. Hal itu memang tidak jarang terjadi di kalangan pelajar yang harus memikirkan kedepannya pekerjaan apa yang cocok dengan kualifikasi dirinya yang sederhana dan belum berpengalaman. Kemudian, terciptalah sebuah ide dari Pandu Pranata untuk berjualan kaos kaki dengan harga yang cukup murah 15rb an. "Waktu itu lagi nyari-nyari kerjaan habis tamat sekolah. Di situ kepikiran, enak ya kalau punya usaha sendiri seperti Bob Sadino, makanya saya bikin Instragram @panduprnta03," karna saya juga penggemar game saya ada kepikiran untuk menjadi seorang streaming ujar Pandu. Tidak hanya dibuat melalui Instagram saja, Pandu Pranata juga kerap posting di Facebook dan juga WhatsApp sendiri. Pemilik 290 an followers Instagram itu mengaku sangat senang karna dari hasil kerja keras sendiri. "Dari SMA saya suka yang namanya jualan dan saya juga hobi berkendara motor walaupun belum mempunyai motor," tutur pandu. Usaha jual beli akun fanspage Instagram dan kaos kaki itu dirintis pandu Pranata dari 2022. Awal mulanya hanya iseng mencari uang jajan tambahan. Namun, saat ini usahanya sudah berkembang sangat pesat dengan memiliki banyak pelanggan di akun Facebook nya pribadi Sementara, uang hasil yang dia dapatkan selama sebulan bisa mendapatkan 7 sampai 8juta. Tidak hanya itu, pandu Pranata sudah memiliki kendaraan pribadi motor nya yang memiliki ciri khas klasik ala ala tahun 90 an yang nama motornya di sebut japstyle. Pandu sendiri memiliki hobi bermain futsal tetapi itu hanya di jaman sekolah sekarang dia lebih ke prinsip nya yaitu kesuksesan. "Banyak yang mencoba menghubungi pandu,untuk dapat membeli dagangan nya. Namun sayang kadang stock yang dia miliki selalu terbatas dikarenakan modal dana yang minim. Saya selalu tanya kantornya di mana, alamat rumah saya di jalan Sidomulyo pasar 9 Tembung.Jadi aman, karena kan menjaga nama baik saya juga toh tidak mungkin saya menipu" pandu Pranata. Pandu Pranata merasa sangat puas dan bangga telah sukses menjual kaos kaki dan fanspage dengan meraup keuntungan yang besar. Sebab, ia dapat membantu banyaknya kalangan penggangguran ataupun masyarakat yang kurang mampu pada umumnya di Indonesia untuk bisa mencari pekerjaan dengan sangat susah,jadi pandu berfikiran untuk bisa menjadi orang yang berguna disekitarnya. "Saya pernah ngerasain susahnya kerja bangunan. Saya berharap dengan adanya sosial media yang sekarang lagi tenar nya tiktokshop memudahkan para pencari uang" kata Pandu. Tak cuma untuk membuka akun jasa rekber keamanan jual beli pandu juga membuat sebuah group untuk para sahabat untuk bisa saling berkomunikasi. Lalu, ia dan temannya yang bernama Ari dan ridho berfikiran untuk membuka semua usaha kuliner dengan modal dan hasil bagi 3.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Siapa Pandu Pranata

12 September 2023   19:27 Diperbarui: 12 September 2023   21:00 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Nama Pandu Pranata Kelahiran Asal Medan Sumatera Utara mungkin masih kurang akrab di telinga. Namun, di media sosial dirinya sangat diperhatikan para netizen. Kenapa?
Pandu Pranata merupakan sosok pengusaha yang kerap memberitahu soal pekerjaan. Ia pun dinilai sukses mewujudkan mimpi yang dia ingin kan. Seperti apa kisahnya?

Semua berawal saat Pandu Pranata dahulu sempat bingung untuk ketika masih di bangku SMA. Hal itu memang tidak jarang terjadi di kalangan pelajar yang harus memikirkan kedepannya pekerjaan apa yang cocok dengan kualifikasi dirinya yang sederhana dan belum berpengalaman.

Kemudian, terciptalah sebuah ide dari Pandu Pranata untuk berjualan kaos kaki dengan harga yang cukup murah 15rb an.

"Waktu itu lagi nyari-nyari kerjaan habis tamat sekolah. Di situ kepikiran, enak ya kalau punya usaha sendiri seperti Bob Sadino, makanya saya bikin Instragram @panduprnta03," karna saya juga penggemar game saya ada kepikiran untuk menjadi seorang streaming ujar Pandu.

Tidak hanya dibuat melalui Instagram saja, Pandu Pranata juga kerap posting di Facebook dan juga WhatsApp sendiri. Pemilik 290 an followers Instagram itu mengaku sangat senang karna dari hasil kerja keras sendiri.

"Dari SMA saya suka yang namanya jualan dan saya juga hobi berkendara motor walaupun belum mempunyai motor," tutur pandu.

Usaha jual beli akun fanspage Instagram dan kaos kaki  itu dirintis pandu Pranata dari 2022. Awal mulanya hanya iseng mencari uang jajan tambahan.

Namun, saat ini usahanya sudah berkembang sangat pesat dengan memiliki banyak pelanggan di akun Facebook nya pribadi Sementara, uang hasil yang dia dapatkan selama sebulan bisa mendapatkan 7 sampai 8juta.

Tidak hanya itu, pandu Pranata  sudah memiliki kendaraan pribadi motor nya yang memiliki ciri khas klasik ala ala tahun 90 an yang nama motornya di sebut japstyle. Pandu sendiri memiliki hobi bermain futsal tetapi itu hanya di jaman sekolah sekarang dia lebih ke prinsip nya yaitu kesuksesan.

"Banyak yang mencoba menghubungi pandu,untuk dapat membeli dagangan nya. Namun sayang kadang stock yang dia miliki selalu terbatas dikarenakan modal dana yang minim. Saya selalu tanya kantornya di mana, alamat rumah saya di jalan Sidomulyo pasar 9 Tembung.Jadi aman, karena kan menjaga nama baik saya juga toh tidak mungkin saya menipu" pandu Pranata.

Pandu Pranata merasa sangat puas dan bangga telah sukses menjual kaos kaki dan fanspage dengan meraup keuntungan yang besar. Sebab, ia dapat membantu banyaknya kalangan penggangguran ataupun masyarakat yang kurang mampu pada umumnya di Indonesia untuk bisa mencari pekerjaan dengan sangat susah,jadi pandu berfikiran untuk bisa menjadi orang yang berguna disekitarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun