Mohon tunggu...
Djula
Djula Mohon Tunggu... -

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Sudah Merdeka Belum?

17 Agustus 2016   07:04 Diperbarui: 17 Agustus 2016   08:09 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Merdeka! 

Kembali lagi bersama saya dilapak yang sudah cukup lama saya vakumkan, hehe. Kesibukan demi kesibukan menerpa, memaksa saya sedikit melupakan hasrat menulis. Sungguh berat, memang. Tapi nasi sudah menjadi bubur, tantangannya adalah tinggal bagaimana kita meracik bubur manado atau bubur cianjur, yum-yum!

Saat ini saya fasilitator ilmu pengetahuan alam dan pendidikan lingkungan hidup. Tugas saya menemani siswa SMP di Sekolah Alam melatih kreativitasnya dalam mengenal alam; menginspirasi mereka pada setiap pertemuan; dan menarik benang merah antara firman yang terdapat di alam dengan tanggung jawab manusia sebagai makhluk yang dianugerahi akal, sehingga dapat menggunakan akalnya dengan bijak. Pekerjaan menantang!

Bogor Ngariung, wadah komunitas se-kota dan kabupaten Bogor juga sudah berkembang. Sangat berkembang. Tetap dalam semangat silaturahim antar komunitas yang hangat, kini kami sudah beranggotakan tidak kurang dari 90 komunitas yang bergerak harmonis. Beberapa aksi kolaborasi telah terlaksana, baik pada bidang pendidikan, lingkungan, budaya, dan masih banyak lagi. Kami juga ambil peran dalam kampanye di media sosial, lho. Sila cek #BantuKorbanAsap, #WeLoveBogor, atau #KomunitasBogor. Anda akan lihat betapa bergairahnya gerakan kami!

Begitu banyak pelajaran yang saya serap dari kawan-kawan penggerak. Baik manis maupun pahit. Tidak satupun saya sesalkan. Namun, jika direfleksikan dengan pertanyaan yang umum dilontarkan menjelang hari kemerdekaan: 

Apakah kita sudah merdeka? 

Maka jawaban saya: YA! Kita sudah merdeka! 

Tidak ada batasan yang patut menjadi penghalang dari kemerdekaan kita untuk bergerak, bukan? Maka mari terus bergerak, dan semoga ridho Allah menyertai kita :) 

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun