Mohon tunggu...
Pak Dhe Ansor
Pak Dhe Ansor Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru SMK N 1 Mlarak Ponorogo

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

33.a.10. Aksi Nyata Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid

13 Juli 2022   13:11 Diperbarui: 13 Juli 2022   13:19 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aksi Nyata

Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

OM-OD (One Month One Digital)

Disusun oleh: Ansor Saifudin, ST

Guru SMKN 1 Mlarak Ponorogo

Provinsi Jawa Timur

Ini merupaka refleksi aksi nyata pengelolaan program yang berdampak pada murid yang tuangkan dalam artikel  menggunakan model 4 F ( Facts, Feeling, Findings, Future).

4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat
diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang
terjadi pada saat penulisan jurnal):

Facts (Peristiwa): Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini
atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam
proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses
pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala
tersebut?

Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa
yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang
membuat Anda memiliki perasaan tersebut.

Findings (Pembelajaran): Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru
yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun