2.3.a.10. Aksi Nyata - Coaching
Latar belakang
Sering kali di dalam lingkungan pendidikan terjadi permasalahan yang menyangkut kinerja dari guru maupun murid. Untuk menyikapi permasalahan ini hendaknya mampu mengambil langkah yang proaktif dengan memberikan coaching bagi guru/ murid yang bersangkutan, sehingga dapat mempertahankan kinerjanya agar selalu optimal.Â
Coaching merupakan suatu mekanisme yang dapat membantu usaha perubahan budaya dunia pendidikan untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan sebagai organisasi yang berorientasi kepada pendidikan, yang mengutamakan elemen pengembangan kompetensi, dan inclusiveness.
 Coaching juga merupakan proses seseorang yang berperan untuk memperbaiki kehidupan atau kinerja orang lain. Dalam dunia pendidikan, coaching sangat diperlukan sebagai salah satu teknik dalam proses menyelesaikan permaslahan dengan menggali potensi baik guru mauun murid.
Tujuan Tindakan aksi nyata
Sebagai tujuan aksi nyata ini adalah untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi baik guru maupun murid yang dalam permasalahan dengan menggali otensi pada dirinya
Tolok ukur
Chooching yang akan dilakukan dengan model TIRTA, yaitu dengan berfokus pada tujuan, identifikasi masalah, rencana aksi serta tanggung jawab. Chooching yang saya lakukan bersama rekan sejawat/ guru yang mempunyai permasalahan.
Linimasi aksi nyata
Choocing ini saya rencanakan dengan rekan sejawat pada minggu ke 4 bulan Maret sebelum diadalan lokakarya ke -4