Hari pertama kerja selalu menjadi momen paling dinanti bagi para pejuang karir. Waktu seringkali berlalu sangat cepat seakan tak sabar untuk berjumpa, namun bagi sebagian orang hari pertama kerja bisa jadi momen menakutkan terutama bagi para fresh graduate yang belum pernah mengenal dunia kerja.
Fikiran seringkali berkecamuk di kepala, perasaan asing seakan menghantui sebelum menanti hari pertama kerja, apalagi mengatasi rasa gugup, grogi, dan gelisah, hingga ketakutan akan tampil kikuk dan mati gaya di antara para rekan kerja.
Pasalnya hari pertama kerja dapat membentuk reputasi kamu kedepannya di perusahaan  dan memberi dampak penting untuk menempuh perjalanan karir kedepannya. Maka kesan pertama akan sangat berarti dalam perjalanan karir kamu kedepannya, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan matang sebelum menyambut hari esok.
Kamu bisa mulai dengan mencari tahu banyak hal terkait tempat kerjamu sebelum memulai hari pertama kerja. Seperti mempelajari tugas dan tanggung jawab dalam divisi serta mengenal budaya kantor, mengetahui hal tersebut dapat membantumu menempatkan sikap saat menjalani kerja dan mendukung percepatan karirmu di perusahaan kelak.
Selain itu terdapat 7 hal yang harus dilakukan pada hari pertama kerja, diantaranya:
1. Datang tepat waktu dan tidak terlambat
Datang tepat waktu akan memberimu kesan disiplin ketika menjalani hari pertama kerja, dan mencerminkan bahwa kamu semangat serta siap untuk bekerja. Maka dari itu untuk menghindari keterlambatan kerja kamu bisa tidur lebih awal dan tidak begadang pada malam sebelumnya, sehingga kamu akan tampak lebih segar di pagi hari dan memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri dengan matang. Bangun lebih awal juga bisa memberimu rasa nyaman dalam bekerja dan tidak tergesa-gesa, sehingga produktivitas kerjamu akan meningkat.
2. Selalu bersikap ramahÂ
Bersikap ramah dapat membantumu untuk mencairkan suasana dan menghindari rasa gugup serta tegang dalam menjalani hari pertama kerja, selain itu ramah juga memberi anggapan bahwa kamu pribadi yang asyik dan menyenangkan. Dengan bersikap ramah rekan kerjamu akan beropini bahwa kamu mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja, selain itu memberikan kesan bahwa kamu merasa senang bisa diterima di lingkungan kerjamu. Dengan menunjukkan sikap ramah bisa membuat nyaman bagi sekitar, dan kolegamu akan merasa senang hati memberikan tawaran untuk membantumu.
3. Kenakan pakaian rapi dan tepat