Mojok.co merupakan media online asal Yogyakarta yang menyajikan konten berbeda dari media lain. Konten-konten di Mojok.co bersifat unik, satir, lucu, dan terkadang sarkastik, yang disajikan dalam bentuk esai, artikel, dan opini. Mojok.co menerbitkan artikel yang sesuai dengan topik yang sedang ramai dibicarakan.Â
Untuk mengetahui topik apa yang sedang populer, tim redaksi melihat topik pembicaraan di media sosial seperti Instagram, Facebook, X, atau bahkan ke media online lain seperti CNN. Setelah itu, mereka memilih penulis yang ingin menulis tentang topik tersebut. Ketika naskah sudah diterima, tim redaksi akan melakukan proses kurasi.
Mojok.co memiliki tim produksi seperti redaktur dan sekretaris redaksi. Mereka bertugas dalam menerima naskah dari para penulis melalui email redaksi, dengan pilihan rubrik seperti Esai, OtoMojok.co, dan Liputan. Sedangkan, sekretaris redaksi bertugas menyortir naskah yang lolos kurasi, kemudian redaktur akan mengedit naskah yang terpilih agar sesuai dengan gaya penulisan khas Mojok.co. Media ini juga tidak hanya fokus pada berbagi informasi, tetapi juga membangun hubungan yang erat dengan para pembacanya.
Mojok.co sejak dahulu sudah memiliki penulis yang mampu terhubung baik dengan pembaca, dan mereka juga secara aktif mengunjungi komunitas-komunitas tertentu untuk mendengarkan pendapat dan masukan.Â
Mojok.co menargetkan anak muda, terutama mahasiswa, sebagai audience utamanya. Namun, penggunaan gaya bahasa satir sering kali membuatnya kurang diminati oleh mereka karena terasa terlalu berat. Untuk mengatasi hal ini, Mojok.co memperluas topik pembahasannya ke hal-hal yang lebih relevan dengan gaya hidup anak muda.
Terdapat strategi Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) bagi Mojok.co yang perlu dilakukan dengan analisis terhadap audience dan pasarnya. Segmentasi Mojok.co dapat dibagi menjadi beberapa kategori, termasuk demografis yang berfokus pada rentang usia 18-40 tahun, wanita dan pria, mahasiswa, lulusan perguruan tinggi, serta pekerja dengan pendapatan menengah hingga menengah ke atas.Â
Sedangkan, dari sisi psikografis yaitu individu yang berpikiran kritis, menyukai humor satir, peduli isu sosial dan politik, memiliki minat pada sastra, budaya pop, opini kritis, serta hiburan. Secara geografis, Mojok.co menargetkan pembaca di Indonesia, terutama di kota-kota besar dan banyak mahasiswa atau pelajar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung.Â
Dari sisi perilaku, Mojok.co menargetkan pada pembaca aktif yang suka berdiskusi, berinteraksi di kolom komentar, berdebat, dan mencari hiburan sekaligus pengetahuan dengan pembawaan ringan namun kritis.
Setelah mengidentifikasi beberapa segmen, langkah berikutnya yaitu memilih mana yang akan ditargetkan. Berdasarkan sifat audience Mojok.co, target utama bisa lebih fokus pada mahasiswa dan pekerja muda (berusia 18-30 tahun) yang kritis terhadap isu sosial, politik, dan budaya.Â
Selain itu, kaum urban yang mencari sudut pandang berbeda dengan gaya yang lebih santai dan humoris, serta pembaca yang menyukai opini mendalam dan satir. Segmen ini biasanya lebih aktif di media digital dan media sosial yang memiliki selera pada konten yang menghibur dan edukatif.
Berdasarkan karakteristiknya positioning dari Mojok.co yang ingin disampaikan yaitu sebagai media online yang menggabungkan humor dan opini kritis, Mojok.co diposisikan sebagai media alternatif yang menghibur dan kritis, serta menjadi tempat berbagi opini dan wacana yang jujur dan apa adanya tetapi sesuai dengan fakta.Â