Salah satu teori hebat yang diusung oleh David McCleland dkk adalah teori motivasi "Tiga Kebutuhan", dan, implementasi teori ini sejatinya bisa semakin dimaksimalkan dengan kehadiran geng sekolah yang "lurus".
Berkisah tentang geng sekolah, rasanya nyaris semua dari kita pernah memiliki, bergabung, serta sama-sama mengurusinya.Â
Jangankan tentang orang-orang dengan pribadi ekstrovert, pribadi introvert juga mau ikut bergabung dengan sebuah kelompok sekolah jikalau dia merasa butuh.
Motivasi ekstrinsik biasanya menjadi landasan yang cukup besar sebagai faktor pemicunya. Dan, kalau didalami lebih jauh, sejatinya pemahaman tentang motivasi ini akan semakin mendalam bila disadari bahwa tiap-tiap orang punya tiga jenis kebutuhan ala McCleland.
Apa saja kebutuhan motivasi yang dimaksud?
Pertama, Need for Achievement (nAch)
Motivasi berprestasi atau yang lebih akrab dikenal dengan rumus nAch adalah penegas bahwa sejatinya tiap-tiap orang ingin berhasil di dalam hidupnya. Anak sekolah pula demikian, terlebih lagi anak SD.
Bisa kita lihat secara seksama bahwa anak-anak SD begitu ingin selalu mendapat umpan balik dari setiap usaha yang dilakukannya.
Sebagai contoh, rata-rata siswa/i yang imut-imut ini selalu ingin diponten tugas maupun catatannya. Mengapa demikian?Â
Mengacu kepada nAch, hal tersebut merupakan pemicu semangat sekaligus jalan peningkat prestasi menurut pandangan mereka.