Membaca 15 Menit
Kegiatan ini merupakan upaya membiasakan membaca pada peserta didik. Kegiatan ini dimulai setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai.Â
Strategi:
Membaca bersama.Â
Membaca bersama memberikan peluang yang sangat baik untuk mendemonstrasikan konsep tentang cetakan dan fitur buku dan tulisan, untuk memodelkan strategi berpikir keras dan strategi pemahaman tambahan. Alasan penting untuk melakukan membaca bersama adalah agar peserta didik dapat belajar memahami diri mereka sendiri sebagai pembaca di lingkungan yang bebas risiko dan menikmati pengalaman membaca.Â
Salah satu kriteria untuk pemilihan buku bersama adalah bahwa buku tersebut memiliki kemungkinan beberapa bacaan untuk kesenangan. Awalnya, ini akan digunakan untuk memodelkan strategi yang digunakan pembaca yang baik. Dalam bacaan berikutnya, ketika anak-anak merasa berhasil membaca buku, keterampilan yang lebih spesifik pada berbagai tingkat dapat ditangani (misalnya menyapu kembali, dari mana harus mulai membaca, bagaimana menggunakan tanda baca dan bagaimana mengenali dialog.
Alokasi waktu: Â
15 menit sebelum memulai pembelajaran setiap pagi.Â
Alat dan bahan yang dibutuhkan:
Buku bacaan sesuai kesenangan peserta didik. Buku bisa dibawa dari rumah maupun meminjam dari perpustakaan sekolah.Â
Langkah-langkah kegiatan:
- Guru memandu peserta didik untuk membaca selama 15 menit.Â
- Guru dan peserta didik membaca selama 15 menit.Â
- Guru memotivasi peserta didik untuk gemar membaca. Â